judul gambar
HeadlinesKlungkung

Duta Besar India Hadiri Peringatan 25 Tahun Ashram Gandhi Puri Klungkung

Klungkung, LenteraEsai.id- 12 Januari diperingati sebagai kelahiran Swami Vivekananda yang pidatonya di Parlemen World Religion mempunyai sejarah sendiri tentang spirit bangkitnya Hati Nurani dan bagi Ashram Gandhi Puri yang di tahun 2022 ini menginjak usia 25 tahun dan 30 tahun untuk Karma Bhoomi Ida Rsi Putra Manuaba (Agus Indra Udayana) yang baru saja dianugerahi PadmaShri Award oleh President India Ram Nath Kovind dan Perdana Menteri India Narendra Modi di Rastrapati Bhavan, atas usahanya yang intens sebagai sosial worker dalam pengembangan SDM yang Inovatif Kreatif Inklusif dan Kolaboratif dengan menghasilkan ratusan Shantisena yang sudah sukses di bidang Pendidikannya dan menemukan Swakarma dan Swadharma.

Ashram Gandhi Puri juga sejak diresmikan dengan nama Shanti Ashram Bali yang diresmikan berdirinya pada 6 September 1997, pada 12 Januari 2001 berganti nama menjadi Ashram Gandhi Puri, sekaligus kelahiran sayap ketiga Vivekananda Yoga Sanstha Institute.

Biasanya selalu diisi dengan 72 Hours for Peace (12-15 Januari : dengan Temu Alumni Shantisena dan Pengembangan Aktivitas)
Setiap tahun kami isi dengan aktifitas kreatif dari Alumni Shantisena meluncurkan buku oleh DR Gede Suwantana, menguatkan Rshikirti Yogi Garden ( Kebun Vanilli ) serta temu Alumni dengan Dialog Satyagra dan tahun ini di HUT ke-25 Ashram Gandhi Puri kami spesial karena banyak nya ananda Shantisena Ashram Gandhi Puri berangkat ke luar negeri.

Vivekananda Yoga Sanstha Institute di bawah Direktur I Komang Edi Susanta SKes berhasil mengirimkan 25 orang ke Turkey,Dubai,Polandia ,Jakarta dan India. Kami juga akan menguat kan Vivekananda Yoga Sanstha Institute menjadi School of Yoga, Spa and Ayurveda.

Pada peringatan hari jadi yang ke-25 pada 12 januari lalu, kehadiran Duta Besar India untuk Indonesia HE Manoj Kumar Bharti disebutkan menghadiri pengitatan hari jadi yang ke-25 Asram menjadi istimewa karena beberapa kerja sama akan dilakukan dengan NGO dan Kampus di India fokus pada Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Dubes India juga meresmikan Vivekananda Bhavan di Ashram Gandhi Puri Sevagram Klungkung sebagai tempat Pelatihan (Yoga ,Spa dan Ayur Veda) dan Patung Happy Budha sebagi simbol Tahun Toleransi dan Harmoni .

Menurut Pimpinan Ashram Gandhi Puri I Wayan Sari Dika MIKom, pihaknya selalu mensyukuri setiap tahun perkembangan Ashram Gandhi Puri lebih banyak menyiapkan program yang lebih fokus pada kekuatan Shantisena menemukan Swakarma dan Swadharma sehingga kami kedepan lebih kuat. Temu Alumni Shantisena setiap tahun 3 kali diadakan menguatkan lebih dalam sehingga bisa saling bergandengan tangan menguatkan Ashram Gandhi Puri .

Fokus kerja sama dengan India, selanjutnya akan mengirimkan 10 Shantisena Ashram Gandhi Puri di berbagai tempat sehingga bisa lebih fokus mereka juga semakin kuat. Kehadiran orangtua Shantisena Ashram Gandhi Puri juga membuat kami merasakan ikatan kekeluargaan yang kental.Kami bisa merasakan kami sebagai Keluarga Besar jadi bisa saling melengkapi .

Duta Besar India untuk Indonesia menyambut baik kehadiran Ashram Gandhi Puri di mana pendirinya Ida Rsi Putra Manuaba (Agus Indra Udayana) alumni Gujarat Vidyapith yang didirikan MahatmaGandhi di Gujarat, dianugrahi penghargaan bergengsi dari India International Jamnalal Bajaj Award 2011 dan Padma Shri Award 2020 yang diserahkan 8 November 2021.

Jembatan Budaya Indonesia India yang dibangun sudah memberikan dampak yang luar biasa bagi anak muda kedua bangsa. Dia menyambut baik ratusan anak muda yg sudah dikirim mendapatkan ilmu terapan yang dikembangkan di Ashram Gandhi Puri dan bahkan salah satu Ananda Shantisena Ashram Gandhi Puri DR I Gede Suwantana, menyelesaikan Doktornya kerja sama dengan ICCR dan Pemerintah India tercepat dan di Kampus ternama Burdwan University Kolkata India.

Duta Besar India HE Manoj Kumar Bharti mengapresiasi penuh Simplicity dan High Thinking yang diimplementasikan dalam keseharian di Ashram Gandhi Puri sampai berusia 25 tahun sekarang ini. Bagaimana output Shantisena itu menjadi kekuatan sekarang mereka mandiri dan dilatih secara mandiri juga mengatur dan mengelola Ashram dengan penuh cinta kasih dan Pelayanan. “Saya bersyukur dapat hadir di tengah Ashram yg beliau dirikan dan melihat langsung kontribusi beliau pada pengembangan SDM sehingga semakin banyak Lifeskill Training Leadership yg menjadi bekal mereka sukses,” ujarnya.

Pemerintah India menganugerahinya Padma Shri karena real kontribusinya untuk kemanusiaan . (LE-KL)

Lenteraesai.id