judul gambar
HeadlinesKarangasem

Kerahkan Dua Alat Berat, Longsor di Temukus Berhasil Ditangani

Karangasem, LenteraEsai.id – Bencana tanah longsor yang terjadi di Banjar Dinas Temukus, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem akibat hujan deras yang mengguyur daerah tersebut beberapa waktu lalu, kini sudah selesai ditangani.

“Hari ini penanganan tanah longsor di Temukus sudah selesai kita tangani, dan mudah-mudahan tidak terjadi longsoran lagi,” kata Plt Kalaksa BPBD Karangasem I Nyoman Siki Ngurah, saat dikonfirmasi, Minggu (14/11/2021).

Untuk membersihkan material longsoran yang terjadi di beberapa titik tersebut, BPBD Karangasem mengerahkan dua alat berat bersinergi dengan Dinas PUPR Karangasem dan juga dunia usaha yaitu PT Multi Karya Abadi untuk melakukan penanganan.

Alat berat tersebut dikerahkan untuk mempercepat proses pembersihan material longsoran yang cukup banyak, karena jika menggunakan alat seadanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama, ucapnya.

Material longsoran yang menutup seluruh badan jalan, sempat membuat puluhan kepala keluarga (KK) di wilayah tersebut menjadi terisolir dalam beberapa hari. Berkaitan dengan hal tersebut, BPBD Kabupaten Karangasem juga telah menyerahkan bantuan sembako kepada mereka yang sempat terisolir.

“Ada 25 paket sembako yang kita serahkan secara langsung ke masyarakat yang terdampak bencana tanah longsor di Temukus,” kata Siki Ngurah.

Meskipun akses jalan sudah bisa dilalui secara normal baik oleh roda dua maupun roda empat, Siki Ngurah tetap mengimbau kepada masyarakat yang akan melintas di jalan tersebut untuk lebih berhati-hati, mengingat jalan masih cukup licin.

“Saya harap masyarakat yang melintas di jalan bekas longsoran tersebut agar lebih berhati-hati karena jalan masih sedikit licin oleh ceceran lumpur basah,” katanya, mengingatkan.  (LE-Jun) 

Lenteraesai.id