BadungHeadlines

Berlangsung Secara Hybrid, Calon Wisudawan Fakultas Pariwisata Udayana ke-109 Dilepas

Badung, LenteraEsai.id – Acara pelepasan calon wisudawan Fakultas Pariwisata Universitas Udayana periode ke-109 dilaksanakan pada Rabu, 27 Oktober 2021, di Aula Gedung HL Fakultas Pariwisata Universitas Udayana Bukit Jimbaran, Kabupaten Badung.

Pelepasan calon wisudawan kali ini dilaksanakan secara ‘hybrid’ (tatap muka langsung dan online). Lokasi kegiatan dipusatkan pada titik utama di Aula Gedung HL Fakultas Pariwisata Universitas Udayana Bukit Jimbaran, dan secara ‘online’ melalui rumah kediaman masing-masing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Acara ini dihadiri oleh Dekan, para Wakil Dekan, Ketua Senat, para Koordinator Program Studi di lingkungan Fakultas Pariwisata Unud, dan tentunya dihadiri oleh para peserta pelepasan calon wisudawan.

Pada kegiatan ini, Plt Dekan I Bidang Akademik dan Perencanaan Dr I Nyoman Sukma Arida SSi MSi dalam laporannya menyampaikan, jumlah peserta pelepasan kali ini sebanyak 49 orang, dengan rincian Program Studi Doktor Pariwisata: 2 orang, Program Studi Magister Pariwisata: 11 orang, Program Studi Pariwisata Program Sarjana: 8 orang, Program Studi Sarjana Industri Perjalanan Wisata: 3 orang, dan Program Studi Sarjana Terapan Pengelolaan Perhotelan: 25 orang.

Dengan demikian, jumlah lulusan atau alumni Fakultas Pariwisata Universitas Udayana sampai saat ini tercatat 2.371 orang. Dekan I menyampaikan bahwa para calon wisudawan yang dilepas pada hari ini bukan merupakan akhir dari perjalanan, tetapi merupakan awal dari suatu perjalanan berikutnya untuk menatap masa depan berikutnya. Ke depan diharapkan dapat memberikan pelayanan yang terbaik di masyarakat.

Penghargaan diberikan kepada dua lulusan terbaik, dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan Pujian diraih oleh Aura Afif Asmara SPar NIM: 1711511070 (Program Studi Pariwisata Program Sarjana) IPK: 3,76, dan Ni Nyoman Sri Widiari STr Par NIM: 1711412044 (Program Studi Sarjana Terapan Pengelolaan Perhotelan) dengan IPK: 3,96.

Dalam kesempatan ini, wakil peserta pelepasan calon wisudawan tersebut sekaligus sebagai lulusan terbaik menyatakan, “Hari ini kini masih diberikan kesehatan dalam situasi pandemi Covid-19 dan kita mengucapkan terima kasih dan bersyukur dapat diberikan kelancaran ilmu pengetahuan dan dapat memberikan kebanggaan kepada orang tua. Civitas akademika telah memberikan waktu dan ilmu yang kita terima, dan nantinya dapat diterapkan di masyarakat.”

Selanjutnya, di ujung acara, Dekan dalam sambutannya mengharapkan para lulusan Fakultas Pariwisata Unud dapat menjadi unggulan dalam mengelola dunia pariwisata.

Menurut survei Dirjen Dikti, 60 persen lulusan pariwisata telah bekerja di bidang lain di luar pariwisata. Oleh karena itu, para lulusan nantinya diharapkan dapat menambah wawasan dengan mempelajari bidang lain  di luar ilmu kepariwisataan, ucapnya.  (LE-BD)

Lenteraesai.id