BadungHeadlines

Bahas Inisiasi Kerja Sama, Rektor Unud Terima Kunjungan Konjen Korsel

Jimbaran, LenteraEsai.id – Pertemuan antara Konsul Jenderal Korea Selatan di Bali Moon Young Ju dengan Rektor Unud Prof I Nyoman Gde Antara di Gedung Rektorat Kampus Jimbaran, Selasa (12/10/2021), tampak berlangsung penuh keakraban dan khidmat.

Turut hadir mendampingi Rektor Unud, Koordinator Kantor Urusan Internasional (KUI) Dr Eng Ni Nyoman Pujianiki, Juru Bicara Unud Putu Ayu Asty Senja Pratiwi PhD serta Koordinator Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Dra Hamidiah Yunus. Dalam pertemuan dibahas mengenai inisiasi kerja sama yang memungkinkan bagi kedua belah pihak.

Rektor Unud Prof I Nyoman Gde Antara menyampaikan bahwa Universitas Udayana sudah memiliki kerja sama dengan beberapa universitas di Korea Selatan. Unud membuka peluang kerja sama antara lain terkait penelitian, pertukaran mahasiswa, dosen dan pegawai.

Di samping itu juga bisa diinisiasi dan dibuka kerja sama tentang kursus bahasa Korea melalui UPT Bahasa, yang ke depan akan dikembangkan menjadi Language Center. Hal ini nantinya juga bisa dikembangkan untuk membuka Korean Studies, namun masih banyak yang perlu disiapkan antara lain staf pengajar, ruang kelas dan materi kurikulum, ujarnya.

Rektor juga menyampaikan bahwa beberapa warga Korea kini tengah mengikuti pendidikan di Fakultas Ilmu Budaya Unud. Karenanya, Prof Antara berharap Konjen dapat memfasilitasi peluang kerja sama yang dapat dilakukan oleh kedua belah pihak.

Koordinator KUI Unud Dr Eng Ni Nyoman Pujianiki menambahkan terkait beberapa kerja sama antara Universitas di Korea dengan Unud yang sudah habis masa berlakunya serta perlu diperbaharui dan Konjen diharapkan dapat memfasilitasi.

Selain itu juga akan dilaksanakan kegiatan international cultural exhibition, di mana diharapkan Konjen dapat turut berpartisipasi dalam pameran dimaksud dengan mengisi salah satu booth dengan pameran budaya Korea serta informasi beasiswa di Korea, ujarnya.

Seluruh Konjen yang ada di Bali akan diundang untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan yang ditujukan untuk membangkitkan pariwisata di Bali itu, katanya.

Sementara Konjen Korsel Moon Young Ju dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Konsulat Jenderal Korea Selatan baru dibuka karena banyak orang Korea yang datang ke Bali.

Konjen menyatakan menyambut baik tawaran kerja sama yang disampaikan dan meminta agar Unud mengajukan proposal terkait kerja sama yang akan dilakukan sebagai dasar untuk menindaklanjutinya dengan Pemerintah Korea Selatan.

Konjen juga siap memfasilitasi kerja sama antara Unud dengan universitas di Korea, salah satunya terkait Summer Program dan Sister University. Konjen mengaku akan mengontak Korean Foundation dan Korean Counter Center di Jakarta untuk turut berpartisipasi dalam pameran yang akan dilaksanakan. (LE-BD)

Lenteraesai.id