judul gambar
AdvertorialGianyarHeadlines

Klepon Gianyar Diserbu Pembeli di Arena Pameran Kuliner Bali Bangkit III

Denpasar, LenteraEsai.id- Kabupaten Gianyar melalui Tim Penggerak PKK terus berupaya memperkenalkan produk-produk UMKM di daerahnya, dengan harapan dapat semakin melejit di pasaran.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengikuti Pameran IKM Bali Bangkit III yang diselenggarakan oleh Pemprov Bali di Taman Budaya Art Center Denpasar sejak 30 September hingga 14 Oktober 2021 mendatang.

Ketua PKK Kabupaten Gianyar Ny Surya Adnyani Mahayastra bersama Bupati Gianyar I Made Mahayastra sempat mengunjungi stand UP2K TP PKK Gianyar pada pameran IKM Bali Bangkit III di Taman Budaya Art Center tersebut pada Rabu, 6 Oktober 2021.

Kabupaten Gianyar pada event tersebut mengikutkan beberapa UMKM Gianyar yang bergerak di bidang kuliner untuk memamerkan beberapa jenis masakan khas Gianyar.

Ny Surya Adnyani Mahayastra mengatakan, untuk bisa mengikuti IKM Bali Bangkit III, para pelaku UMKM Kuliner sudah melalui tahapan verifikasi dari tim kurator Provinsi Bali. Dalam pameran tersebut Gianyar mengikuti kategori UP2K yang merujuk pada bidang kuliner olahan dan kuliner siap saji.

Pelaku UMKM Kuliner yang mengikuti pameran sebagian besar adalah produsen kuliner khas Gianyar, seperti Babi Guling Pande Egi, Jaja Klepon Legend, Lawar Plek Ketewel, Mujair Nyatnyat Guwang, dan masih banyak lagi. Di samping itu juga ada peserta dari UP2K masing-masing kecamatan dan UMKM binaan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar.

“Dari semua kuliner yang ditawarkan, Jaja Klepon Legend dari Kecamatan Gianyar terfavorit, karena dilihat dari penjualan sangat fantastis,” ucap Ny Surya Adnyani Mahayastra.

Lebih lanjut Ny Surya Adnyani Mahayastra mengapresiasi atas antusias pengunjung yang datang ke arena Pameran Bali Bangkit III dari kalangan masyarakat. Selain itu juga dari unsur OPD, organisasi warga, komunitas, IWAPI, Persit Kartika Candra Kirana 1616, Persit Kartika Candra BS, Yonzipur 18/ YKR, kepala sekolah SD se-Kecamatan Sukawati, PKK Desa Pejeng Kelod, perangkat Desa Ketewel, perangkat desa dan PKK Desa Lodtunduh, BPR Lestari, BPD Bali, Pokja 1 PKK Provinsi Bali, chef ICA, PKK Kecamatan Tampaksiring, dan lain-lain.

Ramainya kehadiran pengunjung setiap harinya, telah membuat pendapatan dari penjualan produk UMKM juga semakin meningkat. “Hal ini menjadi bukti bahwa kuliner Gianyar diminati orang yang tidak hanya dari Gianyar saja, melainkan juga masyarakat dan unsur OPD dari kabupaten/kota lainnya pun datang menikmati kuliner Gianyar ini,” tutur Ny Surya Adnyani Mahayastra, berbangga.

Ny Surya Adnyani Mahayastra berharap dengan terus diberi kesempatan seperti ini UP2K PKK Kabupaten Gianyar semakin bergairah dalam memproduksi kuliner olahan dan kuliner siap saji, dan support yang luar biasa ditunjukkan Bupati Gianyar dalam mendukung kesuksesan pameran ini.

Ny Surya Adnyani Mahayastra juga berterima kasih kepada Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali dan sekaligus Ketua Dekranasda Provinsi Bali karena telah memberikan kesempatan kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar untuk mengikuti pameran kuliner kategori UP2K PKK.

Kabupaten Gianyar melalui Tim Penggerak PKK akan terus berupaya mengenalkan produk-produk UMKM Gianyar agar semakin memasyarakat di pasaran, katanya, menandaskan.  (LE-GN1)

Lenteraesai.id