DenpasarHeadlines

HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Kodam IX/Udayana Gelar Berbagai Lomba dan TNI Mempunyai Peran Sangat Luar Biasa

Denpasar, LenteraEsai.id – Pangdam bersama para pejabat utama Kodam IX/Udayana mengikuti upacara peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI secara virtual baik yang digelar Pemerintah Provinsi Bali maupun dari pusat yang dipimpin langsung oleh Presiden RI.

Selain itu, Kodam IX/Udayana juga menggelar acara syukuran peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI secara sederhana, serta telah melaksanakan berbagai kegiatan lomba kreativitas dan kemampuan bakat baik prajurit, PNS, Ibu-ibu Persit maupun KBT di jajaran Kodam IX/Udayana dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan Covid-19.

Acara syukuran yang berlangsung pada Selasa (17/8) bertempat di Aula Udayana Makodam IX/Udayana dan dipimpin langsung oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak MSc, diikuti juga secara virtual di masing-masing satuan di jajaran Kodam IX/Udayana, yang juga dirangkaikan dengan pengumuman para pemenang berbagai lomba.

Mengawali sambutan, Pangdam IX/Udayana menyerukan kata ‘Merdaka’, selanjutnya menyampaikan bahwa dirinya sangat bersyukur karena selama pengabdiannya di TNI sudah hampir 250 kabupaten/kota yang sudah pernah dikunjungi, khususnya di Indonesia.

“Saya semakin bangga sebagai bagian dari Bangsa Indonesia, di mana negara kita kekayaan dan kekuatan dengan banyaknya jumlah penduduk yang sangat luar biasa. Selain itu juga, luas wilayah dengan kerukunan/keberagaman daerahnya yang luar biasa pula, bahkan dari luar negeri pun membanggakan Indonesia,” ucapnya.

“Ini saya sampaikan di hari kemerdekaan ini, karena TNI mempunyai peran yang sangat-sangat luar biasa. Peran kita adalah inisiatif kita dan supaya kita bisa berperan untuk mengamankan negara, meyakinkan masyarakat itu bernegara, tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Untuk itu, marilah kita bersama-sama berperan dan saya yakin pasti kita bisa,” ujar Pangdam.

Pangdam mengaku sudah banyak mendengar dari tokoh-tokoh, Indonesia bisa diatur dengan baik sehubungan peran TNI yang sangat luar biasa, di mana doktrinnya adalah pengabdian, dan diyakini Kodam IX/Udayana khususnya, bisa menjadi pelopor akan suatu hal di tempatnya masing-masing.

Di sela-sela acara, Wakapendam IX/Udayana Letkol Kav Sigit Priyo Utomo SIP menjelaskan, sebagai ungkapan rasa syukur pada peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI dilaksanakan acara pemotongan tumpeng oleh Pangdam IX/Udayana yang diberikan kepada Serka I Dewa Gede Astawa (Babinsa Koramil 1626-04/Kintamani) yang merupakan salah satu prajurit berprestasi Kodam IX/Udayana pada cabang atletik (lari jarak jauh) dan bahkan dirinya juga pernah berlari sejauh 374 km dengan tajuk Run For Bali pada peringatan HUT ke-74 TNI tahun 2019 lalu.

Serangkaian kegiatan lomba-lomba yang dilaksanakan interen bagi keluarga besar Kodam IX/Udayana dalam rangka peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI tahun 2021 kali ini, di antaranya Lomba Pidato, Lomba Foto Unik, Lomba Stand Up Comedy, Lomba Video Lucu Anak, Lomba Video Unik dan Babinsa berprestasi di masing-masing Korem di jajaran Kodam IX/Udayana.

Kemudian, untuk para pemenang kegiatan lomba-lomba yang pesertanya interen keluarga besar Kodam IX/Udayana antara lain, pada Lomba Pidato Prajurit (juara I-Praka Moh Irfan Pandu dari Yonif 743/PSY, juara II-Serda Farik Fandianto dari Brigif 21/Komodo dan juara III-Serda Welkis Longo dari Kodim 1605/Belu). Untuk Lomba Foto Unik (Juara I-Serma I Putu Dedy Sustrawan dari Koramil 1619-08/Penebel, juara II-PNS Nurifah dari Ajendam IX/Udy dan juara III-Prada Egi Rivaldo Bako dari Yonif RK 744/SYB).

Selanjutnya pada Lomba Pidato Persit (juara I Ny Nita Kurniawati Persit Yonif 743/PSY, juara II- Ny Debilia Anggita Rani Taufan Murti H Persit Yonif 741/GN dan ke-3 Ny Desti Arianti Persit Denkav 4/SP). Pada Lomba Stand Up Comedy bagi Prajurit/PNS sebagai juara I-Sertu Umbu R Raya dari Kodim 1601/ST, ke-2 Sertu Suprato dari Yonif 742/SWY dan ke-3 Prada Rey Edwin Ayemi dari Yonif 744/SYB.

Di Lomba Video Lucu Anak diraih juara 1-Christopher Imanuel Mau (anak anggota Yonif 742/SWY), ke-2 Gracia Vina Patotnem (anak anggota Yonif 741/GN) dan ke-3 Rivaldy Majapahit (anak dari anggota Yonif 744/SYB). Pada Lomba Video Unik (juara 1-Serda Agus Suwardi dari Kodim 1628/Sumbawa Barat, ke-2-PNS Riza Nadia dari Denkesyah Singaraja dan juara III-PNS Angga D G dari Pendam IX/Udy).  (LE-DP)

Lenteraesai.id