judul gambar
GianyarHeadlines

Penjambret Turis Asing Diringkus, Modus Korban Dipepet dan Rampas Barang

Gianyar, LenteraEsai.id – Dua orang penjahat yang mengkhususkan diri menjambret para wisatawan asing, diringkus Unit Reskrim Polsek Sukawati, Kabupatern Gianyar, Bali dalam suatu penyergapan.

Kedua penjahat, KKTPJ (20) dan WM (19), yang merupakan redisivis dalam aksi yang sama, disergap dan ditangkap petugas setelah adanya warga negara Rusia yang mengadu telah menjadi korkan aksi penjambretan.

Kapolsek Sukawati AKP I Made Ariawan P didampingi Kanit Reskrim Polsek Sukawati Iptu Anak Agung Alit Sudarma dan Kasubag Humas Polres Gianyar AKP I Nyoman Hendrajaya, mengatakan hal itu saat menggelar press conference di kantornya, Rabu (23/6).

Ia menjelaskan, terungkapnya kasus tersebut berawal adanya laporan dari turis asing asal Rusia yang mengaku pada hari Selasa (15/5/2021) lalu dijambret dua orang tak dikenal di Jalan Raya Singapadu, Banjar Sengguan, Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar.

“Waktu itu, kedua pelaku melakukan penjambretan terhadap wisatawan asal Rusia. Korban dipepet oleh 2 tersangka pelaku yang mengendarai sepeda motor, kemudian salah seorang tersangka merampas HP milik korban sampai korban terjatuh ke permukaan jalan aspal dari atas sepeda motor yang dikendarainya,” ujar AKP Ariawan.

Polisi yang kemudian melakukan penyelidikan akhirnya berhasil meringkus tersangka KKTPJ dan WM, yang merupakan pelaku aksi serupa di beberapa lokasi di Kabupaten Gianyar sejak beberapa bulan lalu.

Dari hasil pemeriksaan petugas, kedua tersangka mengaku telah bersama-sama melakukan aksi penjambretan dengan menyasar para turis asing. Dalam beberapa bulan ini, kedua penjahat juga mengaku telah melancarkan aksinya sebanyak 14 kali di tempat-tempat berbeda di wilayah Gianyar, kata Kapolsek Ariawan.

Sementara barang hasil kejahatan sejauh ini ada yang dilempar hingga ke luar wilayah Pulau Dewata. Untuk pengusutan dan proses hukum lebih lanjut, kedua pelaku kini mendekam di ruang tahanan Mapolsek Sukawati.  (LE-GN) 

Lenteraesai.id