judul gambar
HeadlinesKarangasem

TMMD ke-111 Kodim 1623/Karangasem Resmi Dibuka

Karangasem, LenteraEsai.id – Pembukaan TNI Menunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 tahun 2021 Kodim 1623/Karangasem dilaksanakan di Wantilan UPT Pertanian, Banjar Dinas Bangbangbiaung, Desa Duda, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, Selasa (15/6).

Adapun tema dari TMMD ke-111 tahun 2021 ini adalah “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”.

Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf Bima Santosa yang juga selaku Dansatgas TMMD ke-111 mengatakan, program TMMD merupakan program dari TNI-AD yang berbentuk operasi bakti TNI yang dilaksanakan di setiap komando kewilayahan.

Untuk di wilayah Kodim 1623/Karangasem pada tahun 2021 ini sasaran dari TMMD ke-111 meliputi sasaran fisik pembangunan jembatan sepanjang 15 meter dan lebar 5 meter di Desa Adat Bukit Galah, Banjar Dinas Sogra, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem.

“Selain itu juga dilaksanakan pembuatan bak penampungan air dan pembuatan 2 buah cekdam,” kata Bima Santosa.

Untuk kegiatan non-fisik meliputi ceramah wawasan kebangsaan, penyuluhan hukum, penyuluhan kesehatan, penyuluhan pertanian, warping penerimaan prajurit, penyuluhan bahaya terorisme, dan penyuluhan kebencanaan. 

“Anggaran TMMD kali ini sebesar Rp1.337.000.000 serta melibatkan sebanyak 150 orang, pembangunan jembatan akan dilaksanakan selama satu bulan mulai dari tanggal 15 Juni sampai dengan 14 Juli 2021,” ujar Bima Santosa.

Sementara itu, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa yang hadir dalam acara pembukaan TMMD ke-111 tahun 2021 menyampaikan bahwa pemerintah daerah sangat mengapresiasi kegiatan TMMD yang dilaksanakan Kodim 1623/Karangasem.

“Kegiatan TMMD ini sangat membantu masyarakat yang ada di Desa Adat Bukit Galah yang selama ini sangat sulit mendapatkan akses jalan sehingga pembangunan jembatan menjadi sangat penting,” kata Wabup Artha Dipa.

Wabup Artha Dipa menambahkan, program TMMD yang dilaksanakan oleh TNI dan bekerja sama dengan komponen masyarakat dengan membangun wilayah pulau terluar, terpencil dan terisolir. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memajukan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut, katanya. 

“Sementara itu, dengan kegiatan non-fisik dari TMMD ke-111 Kodim 1623/Karangasem ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat sekitar, baik bidang kesehatan, bela negara, wawasan kebangsaan dan bidang kesehatan,” kata Wabup Artha Dipa menandaskan.

Usai acara pembukaan TMMD ke-111, Wabup Artha Dipa beserta tamu undangan lainnya yang didampingi Dandim 1623/Karangasem juga menyempatkan diri meninjau lokasi pembangunan jembatan secara langsung.

Pada kesempatan tersebut juga dihadiri oleh Kasiter Kasrem 163/Wirasatya Kolonel Inf Iwan Sofyan, Dandim 1623/ Karangasem Letkol Inf Bima Santosa, Kasdim 1610/Klungkung Mayor Kav I Nyoman Arya Jaya Antara, Sekda Karangasem I Ketut Sedana Merta, Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini, Ketua DPRD Karangasem I Wayan Suastika, Kajari Karangasem Aji Kalbu Pribadi,  Ketua Pengadilan Negeri Karangasem I Wayan Suarta, Kadis PMD Kabupaten Karangasem I Nengah Mindra, Kadis PUPR Kabupaten Karangasem I Nyoman Sutirtayasa, Ketua Bapelitbang Kabupaten Karangasem I Nyoman Siki Ngurah.

Selain itu juga turut hadir Kepala BPKAD Kabupaten Karangasem I Wayan Purna, Camat Bebandem Gusti Ayu Wija Sri Anjani, Camat Selat I Nengah Danu, Kapolsek Selat AKP Bambang Harianto, Kapolsek Bebandem AKP I Wayan Gede Wirya, Perbekel Desa Sebudi Ni Nyoman Tinggal, Perbekel Jungutan I Nyoman Waskita, Bendesa Desa Sebudi I Putu Suyasa, Kawil Sogra I Nyoman Muliarta serta tamu undangan lainnya. (LE-Jun)

Lenteraesai.id