judul gambar
HeadlinesKlungkung

‘Ngebet’ Pulang Kampung, Pemudik Dipergoki Pura-pura Jadi Kernet

Klungkung, LenteraEsai.id – Berbagai modus dilakukan pemudik agar bisa lolos dari pemeriksaan sehingga bisa tercapai tujuan ke kampung halaman agar bisa bertemu keluarga di hari raya.

Hal inilah yang menjadi fokus pemantauan Polres Klungkung yang telah memberlakukan larangan mudik sejak Kamis (6/5). Bertolak dari pemberlakuan ini, jajaran Polres Klungkung memperketat pemeriksaan arus kendaraan barang menuju dan keluar Kabupaten Klungkung.

Diperketatnya pemeriksaan kendaraan barang ini juga menjadi upaya mengantisipasi adanya pemudik yang berusaha sembunyi ataupun berpura-pura menjadi kernet angkutan logistik karena ‘ngebet’ pulang kampung.

Seperti terpantau di pos penyekatan di depan Pura Gua Lawah, Senin (10/5) siang. Kendaraan yang melintas satu persatu diperiksa. Keberadaan truk-truk itu pun menjadi sasaran pemeriksaan. Terutama memeriksa barang bawaan yang ada di bak truk.

Kapolres Klungkung AKBP Bima Aria Viyasa SIK MH menegaskan, upaya mengantisipasi pemudik yang menuju Pelabuhan Padangbai akan terus dimaksimalkan. Ketika memang ada yang diketahui hendak mudik, akan langsung disuruh putar balik. Untuk pemeriksaan juga dilaksanakan secara berlapis. Selain pos penyekatan Goa Lawah, pemudik juga diperiksa di pos sekat Lepang.

Personel gabungan TNI/Polri, Dinas Perhubungan, dan dinas terkait lainnya yang bertugas di pos penyekatan akan memutarbalikkan semua kendaran yang melintas, jika ketahuan mengangkut penumpang. (LE-KL)

Lenteraesai.id