judul gambar
HeadlinesKarangasem

Apresiasi Lomba ‘Mixologi Arak Bali’, Wayan Suastika Tegaskan Keperpihakan pada Petani Arak Tradisional

Karangasem, LenteraEsai.id – Serangkaian hari ulang tahun (HUT) ke-48 PDI Perjuangan, dengan antusias DPC PDI Perjuangan Karangasem menyelenggarakan Lomba ‘Mixologi Arak Bali’, yang berlangsung di Taman Wisata Tirta Gangga pada Sabtu, 3 Maret 2021.

Mixologi ialah ilmu atau kemampuan seseorang dalam meracik sesuatu yang berkaitan dengan minuman.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Karangasem I Gede Dana, yang juga Bupati Karangasem, didampingi Ketua DPRD Karangasem Wayan Suastika dan fraksi serta sejumlah unsur struktural partai berlambang banteng moncong putih itu.

Pada kesempatan ini, Wayan Suastika menyatakan apresiasi positif terhadap terselenggaranya acara Lomba Mixolgi Arak Bali yang kali ini mengusung tema ‘Indonesia Berkepribadian dalam Kebudayaan’.

“Kegiatan ini sekaligus untuk memantapkan implementasi ‘Nangun Sat Kerti Loka Bali’, wujud keberpihakan pada masyarakat, khususnya petani arak tradisional di Karangasem,” kata Suastika, pada acara yang dihadiri sejumlah generasi milenial dengan penuh antusias.

Selama ini, lanjutnya, petani arak masih banyak yang kelimpungan menjual hasil panen, atau melakukannya secara sembunyi-sembunyi, dikarenakan takut memperdagangkan secara terbuka dan legal. Namun kini, dengan diterbitkannya Pergub Bali Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali, merupakan pintu gerbang legalisasi usaha destilasi arak Bali supaya dapat dikembangkan dan diperjualbelikan dengan aturan tertentu. Di mana, kehadiran Pergub Bali Nomor 1 Tahun 2020 ini menjadi payung hukum bagi petani arak tradisional Bali.

“Ke depan, kita ingin arak ini menjadi minuman khas sebagai trade mark Bali. Karena di luar negeri seperti Jepang punya sake, kita di Bali ada arak. Tentu dengan demikian, selanjutnya akan dapat mengangkat derajat kehidupan petani arak sehingga hidupnya lebih berdaya,” katanya. (LE-KR)

Lenteraesai.id