BadungHeadlines

WCO Berikan Certificate of Merit Kepada Bea Cukai Ngurah Rai

Badung, LenteraEsai.id – World Customs Organization (WCO) menganugerahkan penghargaan WCO Certificate of Merit 2021 kepada Bea Cukai Ngurah Rai atas upaya transformasi kelembagaan di bidang pelayanan yang mengembangkan dan mengimplementasikan Electronic Customs Declaration (e-CD).

Pemberian penghargaan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal  WCO, Dr Kunio Mikuriya, kepada Bea Cukai Ngurah Rai dan unit kerja lainnya melalui Virtual Gathering pada Jumat, 29 Januari 2021, yang turut dihadiri oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati dan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi sebagai rangkaian dari peringatan Hari Kepabeanan Internasional yang ke-68.

Dalam pidatonya, Sri Mulyani menyampaikan ucapan selamat kepada unit-unit kerja penerima WCO Certificate of Merit 2021 atas respon cepat yang diberikan dalam menghadapi kondisi pandemi Covid-19.

“Selamat kepada para peraih penghargaan WCO Certificate of Merit 2021. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas respon cepatnya dalam memitigasi dampak Covid-19 dan juga melanjutkan kinerja yang baik, sekalipun dalam kondisi yang sangat menantang ini. ” ungkap Sri Mulyani.

Dalam sambutannya setelah menerima penghargaan, Kepala Kantor Bea Cukai Ngurah Rai menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada Tim Pengembangan E-CD serta bertekad untuk memberikan pelayanan prima yang mengutamakan simplifikasi prosedur.

“Melalui kesempatan ini, saya sampaikan apresiasi pada Tim Pengembangan e-CD atas kontribusinya dan saya persembahkan penghargaan ini kepada Anda. Aplikasi ini kami kembangkan sebagai respon atas tuntutan pelayanan prima dan simplifikasi prosedur kepabeanan khususnya di Bali ini, sebagai salah satu tujuan wisata dunia. Kami bertekad untuk terus memberikan pelayanan yang prima, karena kami adalah Bea Cukai, kami adalah wajah Indonesia, semoga e-CD ini dapat menghadirkan senyuman manis di wajah Indonesia.” ucap Himawan Indarjono, Kepala Kantor Bea Cukai Ngurah Rai dalam acceptance speech-nya.

Aplikasi Electronic Customs Declaration atau e-CD merupakan inovasi yang dibangun oleh Bea Cukai Ngurah Rai untuk kebutuhan pelayanan Bea Cukai bagi penumpang internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Dengan menggunakan e-CD, penumpang dapat menyampaikan Dokumen Customs Declaration secara elektronik melalui alamat www.cdbali.net tanpa instal aplikasi, sehingga lebih praktis, cepat, paperless, dan tanpa kontak fisik. Saat ini penggunaan e-CD telah diterapkan di terminal kedatangan internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai, sehingga sangat aplikatif untuk mendukung peningkatan kinerja pariwisata Bali di masa pandemi ini, saat pintu masuk penerbangan internasional dibuka kembali. (LE-BD)

Lenteraesai.id