HeadlinesKarangasem

Lagi, Pohon Tumbang Tutup Akses Jalan Raya di Karangasem

Karangasem, LenteraEsai.id – Pohon tumbang seiring turunnya hujan lebat y;ang dibarengi hembusan angin kencang, lagi-lagi muncul di wilayah Kabupaten Karangasem, Bali bagian timur.

Kali ini pohon perindang jenis angsana setinggi 18 meter dengan garis tengah 50 cm, tumbang dan menutup seluruh badan jalan di Banjar Sampyang, Lingkungan Jasri Kelod, Kelurahan Subagan, Kecamatan dan Kabupaten Karangasem, Rabu (20/1/2021) pagi.

Akibat kejadian tersebut, arus lalu lintas yang tergolong padat di jalan raya itu menjadi macet total dalam beberapa jam sebelum petugas berhasil menyingkirkannya.

Kalaksa BPBD Kabupaten Karangasem Ida Ketut Arimbawa mengatakan,  pohon tumbang diduga kuat terjadi akibat bagian akar yang sudah rapuh, sehingga tak mampu lagi menahan angin yang berhembus kencang di lokasi kejadian.

“Tidak ada korban jiwa, luka-luka maupun kerugian material dalam kejadian tersebut, hanya saja mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas,” ungkap Kalaksa Arimbawa.

Selain menutup akses jalan hingga timbul kemacetan, lanjut Kalaksa Arimbawa, pohon yang tumbang  itu juga menimpa kabel aliran listrik milik PLN.

Mengupayakan agar kemacetan kendaraan bermotor tidak menjadi semakin panjang, tim BPBD bersama personel kepolisian dan TNI dibantu masyarakat setempat, bahu-membahu menyingkirkan bagian batang dan ranting pohon yang menutup badan jalan raya.

“Dengan kerja sama yang baik di lapangan, kini proses evakuasi sudah berhasil ditangani dan akses jalan sudah kembali normal seperti biasa,” kata Kalaksa Arimbawa, menjelaskan.  (LE-Jun)

Lenteraesai.id