judul gambar
HeadlinesKarangasem

Guru Wayan Dana: Alam Akan Restui NADI Pimpin Karangasem

Karangasem, LenteraEsai.id – Dukungan bertubi-tubi dan seakan makin tidak terbendung untuk calon Bupati Karangasem Gede Dana yang berpasangan dengan calon Wakil Bupati Artha Dipa (Dana-Dipa), yang maju pada perhelatan Pilkada 9 Desember 2020.

Dukungan tersebut terlihat nyata saat pasangan Dana-Dipa menggelar kampanye di Lingkungan Banjar Pengawan, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, Selasa (13/10), yang tampak dihadiri  Ketua Tim Pemenangan Dana-Dipa, Alit Kusuma Kelakan dan Ketua DPC PDIP Gianyar Agus Mahayastra.

Saat itu tampak juga hadir Ketua Dulang Mangap Semeton Pasek, Guru Wayan Dana dan Sekjen Dulang Mangap Kabupaten Karangasem Ketut Suardana serta sejumlah anggotanya. Mereka hadir di tempat kampanye untuk menyatakan dukungan secara pribadi terhadap Dana-Dipa maju menjadi pemimpin Karangasem pada Pilkada mendatang.

Sementara dari para tokoh masyarakat setempat, terlihat sejumlah kelian dadia di Sibetan yang juga solid menyatakan dukungan terhadap Gede Dana dan Artha Dipa (NADI).

Dalam paparannya, Guru Wayan Dana menyampaikan selama 5 tahun ini Karangasem nyaris tidak ada perubahan. “Sekarang mari kita beryadnya, dengan satu kata satu tujuan untuk memilih Gede Dana menjadi Karangasem-1. Jika memilih orang yang salah, 5 tahun ke depan Karangasem akan kembali mengalami kemunduran,” ujarnya disambut tepuk tangan meriah.

Guru Wayan Dana juga mengatakan bahwa dirinya mengetahui secara benar-benar siapa sosok Gede Dana. “Beliau itu sangat santun, pekerja keras dan anak petani yang sangat merakyat. Beliau tahu betul keadaan masyarakat Karangasem. Saya yakin, alam akan merestui beliau jadi pemimpin di Karangasem,” katanya, menandaskan.

Sementara itu, Komang Reteg selaku Wakil Ketua Dulang Mangap menambahkan, semestinya Karangasem sudah maju apabila melihat potensi galian C yang sangat luar biasa. Namun kenyataannya, anggaran untuk membangun malah terus melorot tajam.

“Karenanya, kini saatnya kami memberikan harapan besar kepada Bapak Gede Dana untuk bisa memajukan Karangasem nantinya. Mari kita dukung Gede Dana. Namun jangan hanya sekedar mendukung saja, tapi mari kita buktikan dengan datang ke TPS, ramai-ramai mencoblos Gede Dana untuk Karangasem Era Baru,” ujarnya berapi-api.

Atas dukungan tersebut,, calon Bupati Karangasem Gede Dana menyatakan amat berterima kasih kepada Jagabaya Dulang Mangap dan segenap warga yang turut hadir mengikuti jalannya kampanye siang itu.

Gede Dana mengatakan, visi dan misi yang nanti dijalankan apabila dirinya terpilih menjadi Bupati Karangasem berpasangan dengan Wayan Artha Dipa, tidak lain adalah ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’ yang ditambahkan dengan penggarapan potensi lokal yang ada di daerah yang berjuluk Gumi Lahar.

“Potensi lokal Karangasem antara lain kan berupa salak. Namun selama ini tidak mengungtungkan petani. Jika panen raya, eh harganya anjlok, sehingga salak dibiarkan membusuk di pohonnya. Ini sangat merugikan petani,” ujarnya.

Melihat itu, Gede Dana menyatakan bahwa nanti harus ada diversifikasi salak. Selain untuk suguhan buah segar, salak juga bisa digunakan untuk bahan baku wine, dodol dan kreasi kuliner lainnya. “Inilah yang akan saya jalankan pada masa Karangasem Era Baru, yang saya niatkan untuk ngayah tulus, lurus dan fokus,” katanya seraya mengungkapkan, seretnya laju pembangunan di Karangasem selama ini, antara lain disebabkan oleh kecilnya pendapatan asli daerah (PAD).  (LE-KR)