HeadlinesKarangasem

Rayakan HUT ke-44, Perumda Tirta Tohlangkir Gratiskan Air untuk Warga Terdampak Covid-19

Amlapura, LenteraEsai.id – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Tohlangkir Karangasem memperingati hari jadi ke-44 dengan perayaan sederhana, namun penuh keakraban dan jalinan persaudaraan antarsegenap karyawan dan jajaran direksi.

Peringatan yang mengusung tema ‘Bangkit Bersih dan Bermartabat dengan Pelayanan Prima Berlandaskan Tri Hita Karana’ itu dilangsungkan di Kantor Perumda Tirta Tohlangkir di Amlapura, Senin (29/6/2020).

“Kali ini perayaan berlangsung dengan sederhana, kecil-kecilan saja, namun tidak mengurangi maknanya. Yang penting ada silaturahmi sesama keluarga besar Perumda Tirta Tohlangkir. Bersyukur juga, pada masa pandemi seperti saat ini, kita dapat tetap bersama-sama untuk memberikan layanan air bersih bagi masyarakat Karangasem dengan semaksimal mungkin yang dapat kami lakukan,” ujar Kepala Perumda Tirta Tohlangkir I Gusti Singarsi, kepada awak media massa di Amlapura, Senin siang.

Dia melanjutkan, pada masa pandemi ini, Perumda Tirta Tohlangkir telah menggratiskan air minum bagi warga, khususnya kalangan masyarakat yang terdampak Covid-19, untuk penggunaan air 0-10 M3. Pemasokan air bersih secara gratis itu telah dilakukan pihaknya sejak bulan Mei lalu.

Gusti Singarsi menyebutkan baha pemberian air gratis ini akan tetap dijalankan Perumda Tirta Tohlangkir hingga dua bulan ke depan, yakni Juli dan Agustus 2020.

Disinggung mengenai pencapaian, Gusti Singarsi menjelaskan bahwa pihaknya mensyukuri bahwa sejumlah kinerja positif telah dicapai Perumda Tirta Tohlangkir tahun ini. Seperti, laba yang didapat mencapai Rp1,5 miliar, keuangan dan kinerja meningkat, pengawasan berlangsung maksimal dan tetap proaktif terhadap komplain serta masukan dari masyarakat.

“Tetap ada komplain, misalnya pipa bocor dan sebagainya. Tetapi kan tetap selalu kita gerak cepat untuk mengatasinya. Sampai malam-malam pun, tim selalu bergerak jika menemukan permasalahan di lapangan,” ujarnya, menandaskan.

Atas segala kinerja positif disertai langkah inovatif, membuat Perumda Tirta Tohlangkir mendapatkan penghargaan nasional secara berturut-turut sejak beberapa tahun terakhir ini. Salah satunya, penghargaan Top BUMD.

Sementara itu, Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri yang menghadiri perayaan HUT ke-44 Perumda Tirta Tohlangkir menyatakan apresiasi atas segala rekam jejak prestasi yang selama ini telah ditorehkan Perumda ini.

Bupati Mas Sumatri menekankan, dengan bertambahnya usia, hendaknya dapat dijadikan momentum oleh Perumda Tirta Tohlangkir Kabupaten Karangasem untuk ‘Bangkit, Bersih dan Bermartabat dengan Pelayanan Prima’ dalam mendukung terwujudnya ‘Karangasem Cerdas, Bersih dan Bermartabat Berlandaskan Tri Hita Karana’.

Menyinggung penggratisan air yang telah dilakukan Perumda Tirta Tohlangkir sejak Mei lalu, Bupati Mas Sumatri menyebutkan bahwa itu merupakan wujud empati atas kondisi masyarakat yang tengah banyak didera kesulitan, khususnya di masa pandemi Covid-19 kali ini

“Kan Perumda Tirta Tohlangkir merupakan perusahaan pemerintah. Jadi memang semestinya terdepan dalam memberi contoh melakukan langkah-langkah kemanusiaan,” ujar Bupati Mas Sumatri, menambahkan.  (LE-KR)

Lenteraesai.id