judul gambar
DenpasarHeadlines

Jaga Ketahanan Pangan, Kodam IX/Udayana Gelar Sosialisasi Program Pembinaan Masalah Pertanian

Denpasar, LenteraEsai.id – Pangan merupakan komoditas yang sangat penting dan strategis bagi bangsa Indonesia mengingat pangan adalah kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi. Berbagai upaya telah diprogramkan dan dilakukan oleh pemerintah pusat maupun daerah serta berbagai pihak pelaku pertanian.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto SIP mengatakan hal itu dalam sambutannya yang dibacakan Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Candra Wijaya pada acara Sosialisasi Program Pembinaan Ketahanan Pangan TA 2020, yang digelar di Aula Udayana Makodam IX/Udayana di Denpasar, Rabu (17/6/2020).

Pangdam melanjutkan, dampak dari perubahan iklim atau pemanasan global yang berkepanjangan, keterbatasan lahan pertanian yang semakin sempit disertai dengan bencana alam menyebabkan terganggunya produktivitas pangan nasional, sehingga mendorong pemerintah melaksanakan perubahan paradigma kebijakan pembangunan nasional di bidang pertanian yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, Kodam IX/Udayana bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali mengadakan sosialisasi Program Pembinaan Ketahanan Pangan TA 2020 yang disampaikan oleh pemateri Ir I Wayan Sunarta MP, selaku Kepala Bidang Ketahanan Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Bali,” ungkap Pangdam.

Dengan digelarnya sosialisasi ini, tambah Pangdam, diharapkan kesadaran masyarakat akan lebih meningkat guna menjaga ketahanan pangan yang ada di wilayah, sehingga dapat meningkatkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat guna mendukung tugas pokok TNI AD.

Selain itu, Pangdam juga berharap agar kemampuan Babinsa akan lebih meningkat dalam pengetahuan bidang pertanian untuk mendukung tugas-tugas yang berkaitan dengan bidang pertanian dalam rangka mendukung program ketahanan pangan di wilayah tugas.

“Mengingat pentingnya sosialisasi ini, saya tekankan kepada seluruh peserta sosialisasi untuk memperhatikan dan menyimak semua materi yang diberikan dengan sungguh-sungguh, sehingga nanti dapat diimplementasikan dengan baik di wilayah tugas masing-masing,” ujar Pangdam menegaskan.

Usai pembacaan sambutan Pangdam, acara dilanjutkan dengan paparan dan materi-materi dari narasumber serta sesi tanya jawab terkait dengan pembinaan Ketahanan Pangan di wilayah.

Sosialisasi yang mengusung tema “Melalui Pembinaan Ketahanan Pangan, Wujud Kepedulian TNI AD Terhadap Perekonomian Bangsa di Tengah Pandemi Covid-19”, juga dihadiri oleh Aster Kasdam IX/Udayana, para Kabalak Dam IX/Udayana, serta diikuti oleh para Dandim dan Danramil jajaran Korem 163/WSA.  (LE-DP) 

Lenteraesai.id