judul gambar
AdvertorialGianyarHeadlines

Ida Ayu Rusmarini Wakili Gianyar Sebagai Nominator Penerima Kalpataru

Gianyar, LenteraEsai.id – Perwakilan dari Kabupaten Gianyar tahun ini masuk sebagai nominator penerima penghargaan Kalpataru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan.

Melalui surat Nomor UN.26/KELING/BCA/PSL.3/5/2020, pihak Kementerian meminta Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar untuk memfasilitasi pelaksanaan verifikasi dan validasi nominator Penghargaan Kalpataru 2020 yang dilakukan melalui video conference, Selasa (9/6) siang di Aula Puri Damai Banjar Tunon Singakerta, Ubud.

Ir Ida Ayu Rusmarini MP menjadi nominator penerima penghargaan Kalpataru 2020, mengikuti proses verifikasi dan validasi melalui video conference yang dilakukan oleh tim verifikasi dan validasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan. Tim verifikator terdiri dari Ajrun SE, drh Triyaka Lisdianta MSi, Fitri Novitasari SSos MSc dan Bona Sapril Sinaga SHut.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup DLH Kabupaten Gianyar I Wayan Jati menuturkan, Ida Ayu Rusmarini sudah dikenal sebagai pembudidaya tanaman obat-obatan, tanaman upakara, dan tanaman langka sejak 28 tahun silam. “Kegiatan ini merupakan yang positif dikerjakan, karena tanaman obat sendiri banyak memiliki manfaat untuk masyarakat khususnya di Gianyar,” ujarnya.

Lebih lanjut Wayan Jati menjelaskan, selain dapat membudidayakan tanaman tersebut, kegiatan Ida Ayu Rusmarini itu juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, dengan membuka lapangan pekerjaan dan mengolah sendiri tanaman obat tersebut.

“Kami selaku pemerintah daerah selalu mendorong kegiatan-kegiatan masyarakat yang bersifat positif di bidang pelestarian tanaman. Nantinya kami fasilitasi untuk bisa diproduksi dan dipasarkan kepada masyarakat luas,” ujarnya.

Kepala Seksi Kerusakan Lingkungan Ni Made Roti menambahkan, kegiatan Kalpataru yang diikuti Ida Ayu Rusmarini dikategorikan dalam pembinaan lingkungan. Awalnya terdapat 175 orang yang diseleksi dalam kategori pembinaan lingkungan ini. Terpilihlah 20 besar yang nantinya akan dipilih lagi menjadi 10 besar untuk menerima penghargaan Kalpataru dalam bidang pembinaan lingkungan hidup se-Indonesia.

Ida Ayu Rusmarini selaku nominator Penghargaan Kalpataru 2020 mengungkapkan rasa bersyukur yang sangat luar biasa bisa dipercaya untuk mewakili Kabupaten Gianyar dalam kegiatan ini.  (LE-GA1)

Lenteraesai.id