judul gambar
HeadlinesKarangasemNews

Pohon Kendal Tumbang di Bebandem, Akses Jalan Macet Total

Amlapura, LenteraEsai.id – Sebatang pohon jenis kendal sepanjang 25 meter dengan garis tengah 80 cm, tumbang melintang hingga menutup akses jalan raya Amlapura-Bebandem, tepatnya di bilangan Banjar Dinas Kayu Putih, Desa Bebandem, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, Kamis (21/5) siang.

Akibatnya, arus lalu lintas yang menghubungkan dua daerah itu menjadi macet total dalam beberapa jam sebelum pihak BPBD Karangasem turun ke tempat kejadian guna menyingkirkan batangan pohon yang menutup jalan raya tersebut.

Mahendra Wijaya, petugas operator pada Pusdalops BPBD Karangasem, Kamis (21/5) sore mengungkapkan, pihaknya dibantu masyarakat yang turun ke lokasi kejadian, telah berhasil menyingkirkan batangan pohon yang melintang di badan jalan, sehingga arus lalu lintas kini telah kembali lancar.

Selain menutup akses jalan raya, pohon yang tumbang setelah tertiup angin  yang cukup kencang itu juga sempat  menimpa 1 unit mesin molen milik I Ketut Kariasa (48) yang diletakkan di pinggir jalan raya Banjar Kayu Putih, katanya.

Mahendra menyebutkan, masih pada hari yang sama, pohon tumbang akibat tiupan angin kencang juga terjadi di Jalan Letda Arti Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem.

Bagian batang dan ranting pohon sempat tersangkut pada bentangan kabel PLN di kawasan Rumah Dinas Pegawai Kejaksanaan Negeri Karangasem hingga cukup mengkhawatirkan penduduk setempat terhadap kemungkinan timbulnya percikap api akibat terjadinya konsleting aliran listrik.

Namun tergolong mujur, petugas BPBD yang dibantu Dinas Perkim dengan mengerahkan mobil crane, akhirnya berhasil menyingkirkan batangan pohon yang menimpa kabel listrik tersebut tanpa kendala yang cukup berarti, ucapnya.

Baik musibah yang terjadi di Banjar Kayu Putih maupun di Jalan Letda Arti Kecamatan Karangasem tidak dilaporkan merenggut korban jiwa maupun luka-luka.   (LE-KR)

Lenteraesai.id