judul gambar
AdvertorialHeadlinesNewsTabanan

Gubernur Koster Harapkan Pemaknaan Sejarah Pura Tak Berhenti pada Generasi Tua

Tabanan, LenteraEsai.id – Gubernur Bali Wayan Koster mengharapkan masyarakat senantiasa memaknai sejarah pura, dan hal itu diteruskan pula kepada generasi muda guna peningkatan ‘sradha’ kepada leluhur.

“Masyarakat harus dapat memaknai sejarah pura, untuk selanjutnya dapat meneruskannya kepada generasi muda,” kata Gubernur Koster saat menghadiri rangkaian Karya Agung Tawur Balik Sumpah, Pedudusan Agung, Menawa Ratna, Melaspas Ngenteg Linggih lan Mupuk Pedagingan, di Pura Dadia Agung Pasek Tohjiwa, Banjar Jakatebel, Desa Tangguntiti, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan, Sabtu (1/2/2020). 

“Mari kita maknai sejarah pura ini dan meneruskannya kepada anak-anak (generasi muda, red) kita. Kehidupan jangan berhenti pada generasi tua. Karena jika tidak diteruskan akan berhenti. Marilah kita jadikan generasi muda paham, jadikan mereka cerdas dan berbudi pekerti, karena itu tugas kita,” ajaknya.

Selain itu, Gubernur Koster juga berharap ritual keagamaan dapat memberikan makna dan inspirasi serta motivasi, ketenangan jiwa dan keteguhan batin untuk melanjutkan swadarma sebagai warga negara yang baik. Menurutnya, kehidupan beragama harus memberikan arti penting dan berguna bagi kehidupan sehari-hari. 

Pada kesempatan itu pula, Gubernur Koster menyampaikan apresiasi terhadap semangat kebersamaan yang ditunjukkan Pasemetonan Warga Pasek Tohjiwa dengan terlaksananya yadnya tersebut. Ditambahkannya, dalam menjalankan karya harus didasari  atas rasa tulus dan ikhlas.

Sementara Ketua Panitia Karya, I Nyoman Ardika mengatakan, Pasemetonan Warga Pasek Tohjiwa, Desa Tangguntiti ini disungsung oleh 600 kepala keluarga (KK) sejebag Bali. Mereka tersebar di lima kabupaten/kota, yakni Tabanan, Badung, Jembrana, Buleleng dan Kota Denpasar. 

Kemudian ia menyebutkan bahwa pelaksanaan Karya Agung ini baru bisa terlaksana kembali setelah yang terakhir digelar 38 tahun lalu.

Sedangkan pelaksanaan karya akan berlangsung selama 20 hari, dengan puncak karya akan dilaksanakan pada Anggara Kliwon Julungwangi atau 4 Pebruari 2020 dengan dipuput oleh sembilan sulinggih. Sedangkan pelaksanaan Nyimpen akan digelar pada Redite Wage Kuningan atau 23 Pebruari 2020 mendatang.

Pada kesempatan itu, Gubernur Koster bersama Ketua DPRD Provinsi Bali Nyoman Adi Wiryatama serta para tokoh Pasemetonan Arya Agung Pasek Tohjiwa melakukan persembahyangan bersama. Kemudian dilanjutkan dengan  penyerahan punia sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat. (LE-TB1)

Comment

Comment here

Lenteraesai.id