judul gambar
BadungHeadlinesPendidikan

Menuju Internasionalisasi, Unud Gelar Workshop Dorong Kemampuan Publikasi

Kuta, LenteraEsai.id – Universitas Udayana (Unud) melalui tim Juru Bicara Rektor menggelar workshop dengan mengusung tema ‘Adaptasi Era Digitalisasi pada Aktivitas Publikasi Menuju Internasionalisasi’, bertempat di Bali Dynasty Resort Kuta, Kabupaten Badung pada 14-15 November 2023.

Workshop ini diikuti oleh 95 peserta yang berasal dari tim Unit Pengelola Informasi dan Kerja Sama (UPIKS) di masing-masing fakultas, tim berita, serta media massa partner di Pulau Dewata.

Dede Setyadi Mustika, selaku ketua panitia kegiatan menyampaikan tujuan dari penyelenggaraan workshop ini, yakni untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di lingkungan Universitas Udayana dalam aktivitas penyusunan dan publikasi pemberitaan yang baik.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Perencanaan Kerja Sama dan Informasi Unud I Putu Gede Adiatmika mengatakan bahwa framing dan story telling kepada publik itu sangat penting dalam membangun citra positif pada suatu institusi.

“Maka sangat dibutuhkan strategi publikasi kreatif agar dapat menarik kepercayaan publik. Ini juga merupakan upaya internasionalisasi Universitas Udayana menuju World Class University,” ucapnya sekaligus membuka secara resmi kegiatan workshop pada Selasa (14/11/2023).

Workshop juga menghadirkan empat narasumber yang kompeten, salah satunya adalah Ni Luh Putu Galuh Prabasari, jurnalis TVRI Bali, yang mengatakan struktur dari teks berita tetaplah sama, sehingga informasi yang dicantumkan harus sesuai dengan tujuan dari publikasi diterbitkan.

Peliput: Vika Jantika
Redaktur: Laurensius Molan

Lenteraesai.id