judul gambar
DenpasarHeadlinesSeni & Budaya

‘Aviary’ Sebagai Ruang Literasi, Ajak Anak Cintai Alam dan Lestarikan Bahasa Bali

Denpasar, LenteraEsai.id – Kelurahan Peguyangan, Kota Denpasar terus berinovasi untuk meningkatkan budaya literasi. Kali ini, guna mendukung kegiatan tersebut turut diresmikan ‘Aviary’ yang dipadukan dengan kegiatan mendongeng cerita rakyat Bali.

Kegiatan mendongeng tersebut dilakukan oleh tenaga Penyuluh Bahasa Bali Kelurahan Peguyangan, kata Camat Denpasar Utara I Wayan Yusswara, di Kantor Kelurahan Peguyangan, Denpasar pada Jumat (8/9/2023) pagi. Pelaksanaan kegiatan tersebut turut melibatkan ratusan anak-anak TK/PAUD di seluruh wilayah Kelurahan Peguyangan.

Lurah Peguyangan I Gede Sudi Arcana dihubungin terpisah menjelaskan, peresmian ‘Aviary’ atau kandang burung yang dikemas seperti habitat aslinya di alam liar dan diberi nama Apsari (Aviary sebagai pembelajaran sehari-hari) itu, bertujuan untuk mempercantik Kantor Kelurahan Peguyangan.

Selain itu, keberadaan ‘Aviary’ juga sebagai sarana edukasi bagi anak-anak untuk meningkatkan pengetahuan. Utamanya mengenal jenis spesies hewan serta menumbuhkan rasa kepedulian untuk melestarikan alam. “Jadi dengan adanya Apsari ini diharapkan mampu mendukung meningkatnya budaya literasi sembari mengenalkan suasana alam lewat aviary,” ujarnya.

Pada kesempatan itu turut dilepas berbagai jenis burung pemakan biji-bijian. Mulai dari tekukur, perkutut hingga sesangkan ke alam bebas. Selanjutnya jenis burung yang juga pemakan biji-bijian jenis love bird, cinglar, tledekan dan kenari, dilepas ke dalam ruang ‘Aviary’, lalu memberinya makan.

“Burung-burung ini hasil sumbangan siswa TK/PAUD dan masyarakat sekitar. Tentu ini bisa menjadi pengalaman berharga bagi tumbuh kembang satwa-satwa tersebut di ruang ‘Aviary’,” ujar Sudi Arcana, menjelaskan.

Ditambahkannya, anak-anak pun diajak untuk mendongeng tentang satwa Bali yang dibawakan oleh kakak-kakak dari Penyuluh Bahasa Bali Kelurahan Peguyangan, bertempat di Ruang Perpustakaan Saraswati, Kantor Kelurahan Peguyangan. “Anak-anak diajak memaknai cerita Sangsiah Teken Bojog,” katanya.

Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana pembelajaran di luar sekolah bagi siswa TK/PAUD. Hal ini sejalan dengan komitmen Kelurahan Peguyangan untuk menggiatkan ruang literasi dengan tujuan akhir mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Selain itu kami juga ingin meningkatkan kenyamanan pelayanan dengan mempercantik kantor setelah sebelumnya telah dibuat kolam ikan Koi dan fasilitas bermain dan belajar di Perpustakaan Saraswati,” ucapnya, bersemangat. (LE/Dep)

Lenteraesai.id