judul gambar
DenpasarHeadlines

Wali Kota Denpasar Terima Kunjungan Gubernur Quirino Filipina, Pelajari Pariwisata Berbasis Budaya

Denpasar, LenteraEsai.id – Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara menerima kunjungan Gubernur Provinsi Quirino Filipina, Dakila Carlo E Cua, di Kantor Wali Kota Denpasar, Jumat (25/8/2023). Pertemuan tersebut dilaksanakan untuk penjajakan kerja sama dan studi tiru pengembangan pariwisata berbasis budaya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana, Asisten Administrasi Pemerintahan I Made Toya, dan Plt Kadis Pariwisata Gusti Ayu Laxmy Saraswati

Pada kunjungannya, Gubernur Provinsi Quirino Filipina, Dakila Carlo E Cua menyampaikan keinginannya untuk melaksanakan hubungan kerja sama dengan Pemerintah Kota Denpasar. Di mana, fokus kerja sama yang dilakukan yakni dalam pengembangan pariwisata berbasis budaya.

“Saya merasa perlu melakukan kerja sama dengan Denpasar dalam pengembangan pariwisata. Saya kagum dengan cara Bali mengelola pariwisata, hingga jumlah kunjungan bisa sampai 5 juta dalam 1 tahun,” ujarnya

Lebih lanjut disampaikan, pertemuan ini menjadi awal komitmen dalam menjalin kerja sama internasional Provinsi Quirino Filipina dengan Kota Denpasar.

Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara menyambut baik kedatangan Gubernur Provinsi Quirino Filipina dengan menyampaikan dan menampilkan tayangan berbagai event yang telah dan akan dilaksanakan pada tahun 2023. Jaya Negara juga mengajak Carlo ‘Dax’ Cua berkunjung ke Bali pada bulan Desember untuk menyaksikan Denpasar Festival dan ‘Melepas Matahari’.

“Semua event yang kami sebutkan berdasarkan pada budaya, hal inilah yang menjadi daya tarik pariwisata Bali khususnya Denpasar di mata wisatawan. Event budaya kami terdekat ada Denfest dan ‘Melepas Matahari’ pada bulan Desember mendatang,” ujar Jaya Negara.

Lebih lanjut disampaikan, pariwisata berdasarkan budaya menjadi keunikan sekaligus pembeda Denpasar dengan kota-kota lainnya. Merawat dan menjaga budaya sama artinya dengan menjaga pariwisata Bali.

Sementara itu, Plt Kadis Pariwisata Denpasar Gusti Ayu Laxmy Saraswati menyampaikan, untuk kerja sama internasional Denpasar telah melakukan MoU ‘Sister city’ dengan Pemerintah Kota Mossel Bay Afrika Selatan, Kota Darwin, Perth Australia dan Gyeongju Korea Selatan.

“Untuk event sendiri setiap tahunnya Denpasar memiliki lebih dari 100 event. Jadi kalau Denpasar ini akan serasa rumah dan ingin berkunjung kembali,” ujarnya, menyampaikan.  (LE/Vik)

Lenteraesai.id