judul gambar
DenpasarHeadlines

Nelayan Sidakarya Denpasar Perlu Akses Jalan Darat Menuju Perairan Laut

Denpasar, LenteraEsai.id – Sejumlah kelompok nelayan dan para kelian banjar di Desa Adat Sidakarya, Kota Denpasar, pada Kamis (18/4/2023) pagi bergotong royong melakukan aksi penghijauan dan bersih-bersih sampah di kawasan pesisir Pantai Sidakarya.

Perbekel Desa Sidakarya I Wayan Madrayasa mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk penghijauan dan bersih-bersih pantai, yang dilaksanakan sejak pagi hingga siang harinya.

“Kegiatan ini kita laksanakan berkaitan dengan HUT ke-41 Desa Sidakarya yang kemudian dirangkai dengan Bulan Bung Karno, dan bulan Bhakti Gotong Royong LPM,” ujar Madrayasa, menjelaskan.

Selain kelompok nelayan dan para kelian banjar se-Desa Adat Sidakarya, lanjut Madrayasa, kegiatan ini juga melibatkan unsur BPD, LSM dan tokoh-tokoh masyarakat Desa Sidakarya.

Perbekel mengakui kalau kegiatan ini cukup jarang dapat dilakukan, karena untuk menuju Pantai Sidakarya pihaknya tidak memiliki akses jalan darat tersendiri. “Jika kita mau ke pantai harus melewati Desa Sanur Kauh dengan menyeberang melewati laut memakai jukung,” ucapnya.

Madrayasa berharap di masa mendatang pemerintah bisa membantu merealisasikan akses masuk ke pantai supaya kelompok nelayan bisa beraktivitas lebih optimal, terutama terkait akses jalan darat dari tempat tinggal menuju perairan laut.

“Dengan adanya jalur darat akan berdampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat Desa Sidakarya, dan juga dapat dipergunakan sebagai jalan menuju tempat upacara keagaman seperti melasti dan kegiatan lainnya,” ucapnya, menyampaikan.  (LE-DP)

Lenteraesai.id