judul gambar
HeadlinesKarangasem

Polres Karangasem Perketat Pengamanan Jelang Nataru dan Pascabom Bunuh Diri di Bandung

Amlapura, LenteraEsai.id – Menjelang tibanya Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 serta ditambah lagi pascaterjadinya aksi bom bunuh diri di Mapolsek Astanaanyar Bandung, Polres Karangasem kini semakin memperketat upaya pengamanan.

Pengetatan upaya pengamanan itu utamanya dilakukan pada pintu masuk Bali melalui Pelabuhan Padangbai dan beberapa pintu masuk lain di sejumlah dermaga pelabuhan penyeberangan fastboat di wilayah pantai Kabupaten Karangasem.

Wakapolres Karangasem Kompol Fachmi Hamdani SPsi SIK di Amlapura, Sabtu (10/12/2022) mengatakan bahwa pihaknya sejak sebelum ini juga  sudah melakukan pengamanan secara ketat. “Ya, dari awal sebelum kejadian kemarin di Bandung pun kami sudah melakukan SOP pengamanan Mako serta di penyeberangan Pelabuhan Padangbai dan pelabuhan-pelabuhan rakyat lainnya,” ucapnya.

Di Pelabuhan Padangbai khususnya, petugas baru saja melaksanakan kegiatan pengamanan terkait pelaksanaan kegiatan KTT G20 di Nusa Dua Bali. “Sekarang, kami pun menggunakan SOP yang sama, yang pernah kami lakukan saat itu,” katanya, menjelaskan.

Langkah pengamanan yang dilakukan di pintu-pintu masuk Bali meliputi pemeriksaan barang dan orang sesuai aturan, pemeriksaan dan bongkar barang secara langsung oleh pemiliknya. Tak hanya itu, pengamanan oleh pihak Polres Karangasem juga memanfaatkan CCTV yang ada di Pelabuhan Padangbai.

“Kalau untuk Mako sendiri kami memperkuat juga dengan body system pengamanan bersenjata oleh anggota di gerbang masuk, baik di pintu depan maupun belakang markas,” katanya. Sementara untuk pengamanan di wilayah seperti di Mapolsek, mereka melaksanakan pengetatan lebih. Termasuk patroli malam yang kini semakin ditingkatkan intensitasnya.

“Ada juga pengerahan anggota Brimob, dan kami mendapat bantuan tenaga pengamanan dari Polda Bali, dalam hal ini dari pasukan Brimob dan begitu juga dari K9,” ujar Kompol Fachmi Hamdani, menyampaikan. (LE-Ami)

Lenteraesai.id