judul gambar
HeadlinesKarangasem

Sungai Mati Meluap, Isi Sebuah Toko di Abang Karangasem Porak-poranda Diterjang Banjir

Karangasem, LenteraEsai.id – Hujan yang mengguyur Kabupaten Karangasem sejak Minggu (16/10/2022) malam sampai Senin (17/10/2022) pagi, telah menimbulkan beberapa bentuk bencana di wilayah kabupaten di Bali bagian timur.

Seperti di wilayah Desa Abang, hujan deras mengakibatkan beberapa titik  terkena banjir, air berlumpur sampai masuk ke dalam bangunan milik warga. Sebuah toko milik Jro Kusumasari yang menjual barang perlengkapan sehari-hari di Banjar Abang Kaler, Desa Abang, Kecamatan Abang, seisinya porak-poranda diterjang arus banjir yang sangat deras.

Perbekel Desa Abang, I Nyoman Sutirtayana yang memantau ke lokasi mengatakan, isi toko porak-poranda setelah bagian senderan di bagian tepi Sungai Mati jebol, sehingga air banjir masuk ke dalam toko. “Ya..air masuk toko karena senderan jebol,” ucapnya.

Melihat itu, belasan warga sekitar berbondong-bondong membantu pemilik toko menyelamatkan barang dagangan yang tersisa. Terdapat juga pihak dari Polsek Abang yang mengamankan jalannya evakuasi. Mereka menggunakan alat seperti sekop, gerobak dan lainnya untuk membersihkan material pasir dan lumpur yang masuk ke toko tersebut.

“Wah, ini parah. Saya kira barang-barang seperti shampo sachetan dan yang kecil-kecil lainnya pasti telah hanyut terbawa arus. Ini arus airnya menuju sawah, kemungkinan barang-barang yang hanyut itu bermuara di sawah,” kata salah seorang warga yang membantu evakuasi setelah banjir mulai surut.

Tergolong beruntung, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka pada peristiwa yang menimpa toko tersebut, terkecuali kerugian material yang diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.  (LE-Ami) 

Lenteraesai.id