judul gambar
HeadlinesKarangasem

TPST Seluas 8 Are Terbakar, Petugas Damkartan Berjibaku Melawan Api

Karangasem, LenteraEsai.id – Musim kemarau yang cukup berkepanjangan belakangan ini, memicu timbulnya kebakaran di beberapa wilayah kering di Kabupaten Karangasem, Bali. Pada Kamis (22/9/2022), si jago merah ngamuk di Banjar Dinas Batang, Desa Laba Sari, Kecamatan Abang.

Api dengan asap kehitaman tampak berkobar cukup besar dari Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di Banjar Dinas Batang. Namun, hal tersebut justru menuai kekhawatiran, karena lokasi TPST berdekatan dengan Pura dan Setra Desa Adat Culik.

Kepala Dinas Damkartan Karangasem I Nyoman Siki Ngurah ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. “Ya benar, kebakaran terjadi di areal TPST. Luas area penuh sampah yang terbakar sekitar 8 are,” ucapnya.

Begitu menerima laporan, lanjut Kadis Siki Ngurah, pihaknya langsung  menerjunkan 12 petugas yang didukung 5 unit armada pemadam ke lokasi kebakaran yang dikawatirkan dapat terus merembet hingga ke luar areal TPST.

Beruntung, petugas yang turun berjibaku di tempat penampungan sampah dalam jumlah yang cukup besar itu, akhirnya berhasil mengatasi kobaran si jago merah hingga tidak sampai merembet ke luar areal TPST.

“Ya, petugas berhasil menjinakkan kobaran api setelah menyemprotkan kurang lebih 36.000 liter air,” kata Kadis Siki Ngurah, menjelaskan.

Peristiwa tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun luka-luka, terkecuiali sempat memicu kekhawatiran penduduk sehubungan api berkobar cukup besar, memusnahkan hampir seluruh timbunan sampah yang ada di areal TPST seluas kurang lebih 8 are itu.  (LE-Ami)

Lenteraesai.id