judul gambar
HeadlinesKarangasem

Pohon Aren Tumbang, Timpa Garasi dan Mobil milik Warga Sibetan Karangasem

Karangasem, LenteraEsai.id – Sebuah bangunan garasi milik I Wayan Wisata, penduduk Banjar Dinas Pengawan, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, mengalami kerusakan akibat tertimpa sebatang pohon yang tiba-tiba tumbang.

Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (10/9/2022) dini hari sekitar pukul 04.00 Wita. Selain merusak garasi, dahan pohon juga menghantam bagian atap (kap) mobil Carry yang terparkir di dalam garasi tersebut hingga penyok.

Pohon yang tumbang diketahui jenis aren atau jaka yang berukuran cukup besar. Pohon yang biasa disadap untuk dicari niranya itu tumbang setelah  diterjang angin kencang yang timbul bersamaan dengan turunnya hujan lebat.

Kalaksa BPBD Kabupaten Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa ketika dihubungi siang harinya, membenarkan adanya sebatang pohon aren setinggi kurang lebih 15 meter dengan garis tengah 30 cm, tumbang menimpa garasi dan mobil milik warga di Banjar Dinas Pengawan, Desa Sibetan.

“Benar, ada sebatang pohon tumbang. Laporan dari kadus setempat, peristiwa tersebut merusak garasi dan mobil yang ada di dalamnya,” ucapnya, menjelaskan.

Dikatakan, pihaknya yang mendapat laporan langsung menurunkan tim  untuk melakukan penanganan dan mnyingkirkan batangan pohon yang ‘bersarang’ di bagian atap garasi milik korban.

Namun, sebelum tim BPBD Kabupaten Karangasem tiba di lokasi kejadian, batangan pohon telah terlebih dahulu dilakukan pemotongan oleh penduduk setempat.

“Ya, sebelumnya sudah dilakukan penanganan secara swadaya oleh warga bersama keluarga pemilik rumah. Jadi tim TRC BPBD yang datang kemudian mengatasi bagian batang pohon yang masih melintang di atas bangunan garasi,” ujar Kalaksa Arimbawa.

Akibat peristiwa tersebut, pemilik garasi mengalami kerugian sekitar Rp15 juta, namun bersyukur kejadian itu tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun luka-luka.  (LE-Ami)

Lenteraesai.id