judul gambar
DenpasarHeadlines

Disperindag dan Dekranasda Denpasar Rangkul IKM Gelar Pameran Produk Potensial

Denpasar, LenteraEsai.id – Untuk memperluas jangkauan pemasaran kepada pelaku industri kerajinan dalam situasi pandemi covid-19, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Denpasar melakukan Gelaran Produk Potensial dalam pameran produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) Denpasar bertempat di Plaza Renon, pada Jumat (29/7).

Pembukaan Gelar Produk Potensial ini dihadiri Ketua Dekranasda Denpasar Ny. Antari Jaya Negara, Wakil Ketua Dekranasda Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Denpasar Ny. I.A Widnyani Wiradana, serta Kadis Perindag Denpasar Ni Nyoman Sri Utari. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 29-31 Juli 2022 yang dibuka secara resmi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Denpasar A.A. Gede Risnawan mewakili Wali Kota Denpasar.

Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara dalam sambutannya yang dibacakan Gede Risnawan, mengatakan semangat berkarya dan berkreasi bagi IKM harus terus difasilitasi diberikan kemudahan dan kesempatan dalam memamerkan karya-karyanya.

“Sejak dahulu para perajin kita telah menggali, mengembangkan, dan melestarikan budaya dalam berbagai corak dan ciri khasnya masing-masing, hal ini sangat potensial untuk ditingkatkan menjadi komoditas perdagangan yang memiliki daya saing yang tinggi,” ujarnya.

Lebih lanjut, disampaikan bahwa produk-produk unggulan perlu terus dipromosikan serta meningkatkan produktivitas, dan kualitas hasil kerajinan. Memenuhi cakupan permodalan dan pemanfaatan teknologi dan promosi yang tepat.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada para pengurus Dekranasda Denpasar, para mitra dan seluruh pihak yang telah berpartisipasi pada pembinaan dan pengembangan produk kerajinan, dan saya berharap melalui pameran ini dapat memulihkan dan merevitalisasi perekonomian para perajin Kota Denpasar pasa pandemi covid-19,” ujar Wali Kota Denpasar dalam sambutan yang dibacakan tersebut.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara menyampaikan Pameran Gelar Produk Potensial dilaksanakan untuk memberikan jangkauan pemasaran yang lebih luas kepada pelaku-pelaku industri kerajinan setelah selama dua tahun belakangan ini merasakan dampak dari pandemi Covid-19.

“Upaya untuk tetap bertahan untuk kelangsungan usaha telah dilakukan melalui pemasaran secara online, dan tentunya berpameran secara offline tetap dibutuhkan karena secara langsung dapat bertukar informasi maupun bernegosiasi, apakah hasil karya tersebut diterima atau mendapatkan apresiasi pasar,” ujarnya.

Dijelaskan pula bahwa dalam pameran ini juga menggandeng para stakeholder antara lain Inbis UNHI, Kopitu, Krisna Logistik, Kadin, dan Hipmi untuk dapat bermitra langsung melalui negosiasi yang disediakan dalam table top dengan para pelaku IKM Denpasar. Di samping itu dalam Gelar Produk Potensial ini pihaknya juga bekerjasama dengan Pegadaian wilayah VII Denpasar untuk mendukung tenda kuliner yang tempatnya ada di luar lobby Plaza Renon.

“Di samping pameran produk unggulan potensial, kami juga mempromosikan produk olahan pangan yang bekerjasama dengan TP PKK Kota Denpasar. Hal ini sebagai upaya memperkenalkan bahwa makanan tradisional Bali dapat dinikmati masyarakat pengunjung mall pusat perbelanjaan. Dan makanan tradisional Bali siap masuk mall dan dari segi rasa maupun hal lainnya tidak kalah saing dengan makanan lainnya.

Dalam laporannya, Kadis Perindag Denpasar Ni Nyoman Sri Utari didampingi Kepala Bidang Industri Kerajinan, Aneka dan Sandang Disperindag Denpasar Ida Ayu Dewi Citrawati menyampaikan Gelar Produk Potensial ini diikuti pelaku IKM sebanyak 10 IKM kerajinan, aneka dan sandang dan 5 IKM kuliner. Tempat dan waktu pelaksanaan dari tanggal 29 sampai dengan 31 Juli. Adapun penempatannya adalah 10 stan peserta IKM kerajinan, aneka dan sandang bertempat di areal lantai dasar atrium Plaza Renon dan 5 stand kuliner tradisional bertempat di luar lobby selatan Plaza Renon.

Pameran Produk Potensial II ini dilaksanakan di Ramayana Bali Mall pada Bulan Oktober 2022 dengan melibatkan 16 IKM. Dalam pembukaan Gelar Produk Potensial ini juga mendapatkan kunjungan dari Ketua TP. PKK Pemerintah Kota Solok, Sumatra Barat, Zulmiyetti Zul Elfian Umar, Wakil Ketua TP. PKK Kota Solok Dona Ramadhani Kirana Putra, serta Ketua DWP Kota Solok Ridha Saiful. (LE-DP)

Lenteraesai.id