judul gambar
HeadlinesKarangasem

Sebanyak 7 KK Warga Kampung Dangin Sema Lemas, Terjangkit Sakit Mirip Chikungunya

Karangasem, LenteraEsai.id – Sebanyak 7 KK warga kampung Dangin Sema, Kelurahan Karangasem Kabupaten Karangasem terjangkit suatu penyakit dengan ciri khas mirip gejala Chikungunya. Di mana gejalanya sendiri ialah berupa rasa lemas dan sakit persendian pada jari tangan maupun kaki.

Kepala Lingkungan Dusun Dangin Sema, Asgar, ketika dikonfirmasi Sabtu (16/7/2022) membenarkan hal tersebut. Namun dirinya belum berani memastikan apakah memang penyakit tersebut Chikungunya atau bukan. “Saya belum berani memastikan itu penyakit Chikungunya, karena saya tidak tahu pasti soal penyakit. Namun intinya warga yang terdampak wabah tersebut ciri-cirinya memang seperti penyakit Chikungunya,” katanya.

Beberapa warga Dangin Sema yang terdampak gejala penyakit ini bahkan sampai tidak bisa jalan akibat rasa sakit di persendian kaki. Seperti diketahui, penyakit Chikungunya disebabkan oleh gigitan nyamuk. Namun Asgar sendiri mengatakan jika kondisi lingkungan di sekitarnya lumayan bersih.

“Lingkungan kami bersih, tapi yang aneh kalau sudah ada salah satu dari anggota KK yang mengalami gejala seperti itu, yang lain ikut kena juga,” ujarnya.

Sementara untuk sejumlah warga yang terkena gejala ini masing-masing sudah dikunjungi oleh petugas dari Puskesmas setempat. Bahkan, menurut Asgar, petugas sendiri pun belum berani bilang warganya positif Chikungunya karena untuk mendiagnosa diperlukan cek lab.

“Pihak dari Dinas Kesehatan juga sudah ada yang melakukan kunjungan, yang pertama sekitar dua minggu lalu. Kemudian terakhir tiga hari lalu. Terkait bantuan obat belum ada. Beberapa dirawat di RS Karangasem sementara yang lain berobat sendiri ke dokter dengan rawat jalan (dirawat di rumah),” katanya.

Sementara untuk penanganan sendiri pihaknya sudah meminta dinas terkait melakukan fogging, ujarnya, menjelaskan.  (LE-Ami) 

Lenteraesai.id