judul gambar
DenpasarHeadlines

Gelar Kaderisasi Tahap I, PC KMHDI Denpasar Wujudkan Pemuda Bernalar Kritis

Denpasar, LenteraEsai.id – Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Denpasar menyelenggarakan kegiatan Kaderisasi Tahap I (KT-I) sebagai langkah menciptakan kader KMHDI yang mampu berfikir kritis, bertempat di Rumah Kebangsaan dan Kebhinekaan Pasraman Satyam Eva Jayate, pada Jumat (3/6) hingga Minggu (5/6).

Pasek Budiasa selaku Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan KT-I yang ketiga ini, mengungkapkan bahwa KT-I merupakan kaderisasi pokok yang dilaksanakan setiap 3 bulan setelah diadakannya Diklat Manajemen Organisasi (DMO).

“Kegiatan ini bertujuan untuk membetuk kader yang berfikir kritis, baik dalam ranah akademis hingga mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan bermasyarakat,” ungkap Pasek.

Dengan mengusung tema ‘Tri Kaya Parisudha Sebagai Landasan Membentuk Jati Diri KMHDI’, bermakna untuk menciptakan kader KMHDI yang tidak hanya mampu menganalisis persoalan dari segi nalar kritis, namun juga harus mampu mengimplementasikan pemikirannya melalui tindakan yang sederhana namun nyata.

Ketua PC KMHDI Denpasar I Gusti Putu Putra Mahardika dalam sambutannya menyampaikan bahwa kader KMHDI khususnya PC KMHDI Denpasar harus mampu menyumbangkan pemikiran dalam dinamika persoalan hari ini di era globalisasi.

“Hari ini perkembangan era globalisasi zaman yang begitu pesat, dan dinamika persoalan bangsa juga berkembang. Ini merupakan tantangan bagi kita semua terkhusus kader PC KMHDI Denpasar,” ujar pria yang kerap disapa Guswah.

Lebih lanjut Guswah mengatakan, kader harus memiliki kemampuan dalam menganalisa persoalan untuk kemudian bisa direalisasikan ke masyarakat.

“Tantangan yang dihadapi organisasi adalah sebuah persoalan yang bermuara dari dalam masyarakat. Persoalan itu tentunya menjadi bagian KMHDI untuk turut serta dan terlibat dalam penyelesaianya,” ucap Ketua PC KMHDI Denpasar periode 2021-2023 tersebut.

Turut hadir pada kesempatan itu, Ketua Pimpinan Daerah KMHDI Bali Putu Esa Purwita, yang menyampaikan apresiasi dan harapannya agar kader PC KMHDI Denpasar memiliki kemampuan yang lebih dari mahasiswa pada umumnya.

“Saya berharap semua peserta KT-I bisa mengikut materi yang diberikan oleh pemateri dengan baik dan outputnya bisa berguna untuk masa depan nantinya,” ujar Esa dalam sambutannya saat membuka acara Kaderisasi Tahap I PC KMHDI Denpasar tersebut.  (LE-DP)

Lenteraesai.id