judul gambar
HeadlinesKarangasem

Ketua DPRD Karangasem Ikut Aksi Kemanusiaan Donor Darah Hari PMI Sedunia

Karangasem, LenteraEsai.id – DPK Peradah Karangasem dan PC KMHDI Karangasem melakukan kolaborasi melaksanakan giat donor darah berkaitan dengan peringatan Hari PMI Sedunia, di wantilan Gedung DPRD Karangasem di Amlapura, Minggu, 8 Mei 2022.

Aksi kemanusian yang dimulai sejak pukul 07.30 hingga 14.00 Wita itu, diikuti komponen pemuda yang ada di Kabupaten Karangasem, misalnya Taruna Praja, BEM STKIP, BEM Alfa Prima, Yayasan Keris Bali, BEM Mediteranian dan puluhan STT yang ada di Kecamatan Karangasem.

Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia Donor Darah Ni Luh Dewi Purnama Sari SE di sela-sela kesibukannya mengkoordinasikan donor darah di Gedung Dewan tersebut. Saat dikonfirmasi media LenteraEsai (LE), Dewi menjelaskan, tema yang diusung tahun ini adalah ‘Ayo Donor Darah, Setetes Darah Untuk Yang Membutuhkan Nanti’.

Dewi berharap ke depannya lebih banyak yang dapat berpartisipasi dalam kegiatan sosial ini, yang tidak hanya organisasi kepemudaan saja, namun juga seluruh komponen masyarakat dapat ikut serta guna menopang persedian stok darah yang nantinya sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Selain itu, ia juga berharap kegiatan berikutnya bisa dibantu dan difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Karangasem, seperti halnya sekarang sudah diberikan pinjaman tempat kegiatan di Gedung DPRD Karangasem.

Pantaun LenteraEsai di wantilan Gedung DPRD Karangasem tampak hadir Ketua DPRD Karangasem I Wayan Suastika memberikan motifasi terhadap para pemuda yang hadir pada aksi kemanusiaan siang itu.

Didampingi Ketua DPK Peradah Karangasem I Gede Jaya Wisuddha Prathama dan PC KMHDI Karangasem I Ketut Parama Budarta, Ketua DPRD Karangasem Wayan Suastika berpesan agar kegiatan semacam ini bisa lebih inten dilaksanakan, karena sangat bermanfaat bagi warga yang  membutuhkan darah, apalagi kondisi darah di PMI Karangasem sering kehabisan stok.

Kehabisan atau kurangnya stok darah di Kantor PMI, tentu akan membuat pasien yang membutuhkan darah segera bisa terhambat. Untuk itu, kegiatan seperi ini hendaknya sering dapat dilakukan, ujar Suastika sembari berjanji akan memfasilitasi setiap kegiatan sosial kemanusiaan yang digelar di Karangasem.

Kegiatan donor darah di Gedung Dewan kali ini melibatkan 3 dokter yang dipimpin dr Harry Wijaya dan 6 petugas dari PMI Karangasem. Dari 150 yang terdaftar untuk donor darah, hanya 37 kantong darah yang bisa diambil, dengan rincian golongan darah A 22 kantong, darah O 10 kantong, AB 1 kantong, dan B 4 kantong. Sisanya tidak bisa ditransfusi atau donor karena setelah dilakukan pemeriksaan dokter kondisi mereka dinyatakan kurang sehat.  (LE-Sua)

Lenteraesai.id