AdvertorialHeadlinesKarangasem

Bupati Dana Teken MoU, Karangasem Segera Miliki Perguruan Tinggi Politeknik Negeri

Karangasem, LenteraEsai.id – Bupati Karangasem Gede Dana menyampaikan, hingga kini IPM Karangasem masih rendah, sehingga tumbuhnya dunia pendidikan masih perlu diperjuangkan. Ia sangat ingin, di masa kepemimpinannya, perguruan tinggi dapat dibangun di wilayah Bali bagian timur.

Keseriusan Bupati yang dikenal sederhana ini dibuktikan dengan penandatanganan kesepakatan bersama dengan Politeknik Negeri Bali (PNB), tentang Peningkatan Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Kabupaten Karangasem. Nota Kesepakatan ditandatangani oleh Bupati Gede Dana dan Direktur PNB I Nyoman Abdi, pada acara Workshop Pemetaan Potensi Bisnis Politeknik Negeri Bali, di Hotel IBIS Style Benoa, Selasa (22/2/2022).

“Saya mengucapkan banyak terima kasih atas pertemuan hari ini. Semoga MoU yang kita sepakati dapat segera merealisasikan, sehingga mimpi masyarakat kami memiliki perguruan tinggi sendiri dapat terwujud,” ujar Bupati Dana.

Selain mendekatkan akses pendidikan, tentu hal ini akan sangat berpengaruh terhadap meningkatnya kualitas pendidikan di Karangasem di tengah menurunnya perekonomian global. “Saya tidak ingin hanya karena terkendala banyaknya biaya kuliah di luar daerah, membuat masyarakat enggan melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi,” imbuhnya.

Disampaikan Bupati Dana, setiap tahunnya, Kabupaten Karangasem memiliki angkatan yang menamatkan siswa SMA kira-kira 5.000 orang lebih. Siswa yang tamat ini butuh tempat belajar yang terarah dan nyaman, seperti adanya Kampus Politeknik Negeri.

Menurut Bupati, tamatan atau lulusan politernik negeri pada umumnya sudah siap untuk memasuki dunia kerja. Karenanya, langkah ini sejalan dengan program prioritas di bidang pendidikan yang masuk dalam visi misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, melalui pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Karangasem Era Baru.

Ditanya terkait lokasi untuk pembangunan Kampus PNB, Bupati Dana menyebutkan, Pemkab Karangasem telah menyiapkan 2 lokasi untuk PNB di Karangasem. Di antaranya di SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) Jasri seluas 1 hektar lebih, dan di BLK Dinas Tenaga Kerja Kelurahan Subagan seluas 2 hektar.

“Ini kami terus kejar untuk dipercepat. Jika diizinkan, tahun ini kami siap menerima mahasiswa baru pada perguruan tinggi yang akan dibagun tersebut,” ujarnya, penuh semangat.  (LE-KR1) 

Lenteraesai.id