judul gambar
HeadlinesKarangasem

Ditinggal Sembahyang, Dapur dan Tempat Tidur Warga Seraya Ludes Terbakar

Karangasem, LenteraEsai.id – Sebuah bangunan dapur sekaligus tempat tidur semi permanen berukuran 5×3 meter milik I Gede Musti (59) di Banjar Dinas Kalanganyar Kaler, Desa Seraya Barat, Kecamatan dan Kabupaten Karangasem, ludes dilahap si jago merah pada Rabu (9/2/2022) malam.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) Karangasem I Nyoman Siki Ngurah mengatakan, kejadian tersebut  pertama kali diketahui oleh tetangga korban yang kemudian langsung melapor ke pihak Damkartan, karena saat itu pemilik rumah sedang pergi ke sebuah pura untuk sembahyang.

“Kebakaran tersebut kami duga karena unsur kelalaian saat memasak, di mana sang pemilik rumah mengaku sempat memasak sebelum pergi sembahyang, namun lupa mematikan api di dalam tungku atau jalikan,” kata Siki Ngurah yang saat itu terjun langsung ke lokasi kejadian.

Peristiwa tersebut membuat sang pemilik rumah syok karena terdapat banyak barang-barang berharga yang juga ikut hangus terbakar hingga tak ada yang tersisa, termasuk uang tunai sebanyak Rp2.5 juta yang disimpan di lemari dalam kamar.

“Sang pemilik rumah sangat syok dengan kejadian itu, namun kerugian akibat kebakaran tersebut masih belum bisa diketahui, selain yang sudah jelas uang tunai Rp2.5 juta ikut hangus terbakar,” kata Siki Ngurah.

Untuk memadamkan kobaran api, Damkartan Karangasem mengarahkan 12 personel dengan 5 unit armada pemadam, sementara air yang digunakan untuk menjinakkan kobaran si jago merah sebanyak 8.000 liter.

“Proses pemadaman berlangsung dengan lancar, tapi saya tekankan kepada masyarakat agar lebih berhati-hati lagi saat habis memasak. Pastikan bahwa api sudah benar-benar mati apa belum, sebelum pemilik rumah meninggalkan dapur,” ujar Siki Ngurah, mengingatkan.  (LE-Jun) 

Lenteraesai.id