judul gambar
HeadlinesKarangasem

Peringati Hari Sumpah Pemuda, BNNK Karangasem Gelar Kegiatan Donor Darah

Karangasem, LenteraEsai.id – Memperingati Hari Sumpah Pemuda, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Karangasem menggelar kegiatan donor darah bekerja sama dengan PMI Kabupaten Karangasem, bertempat di halaman Kantor BNNK Karangasem, Kamis (28/10/2021).

Kegiatan donor darah tersebut direspon baik oleh masyarakat. Pesertanya di samping dari anggota BNNK Karangasem juga ada dari komunitas yoga, komunitas IKBS, relawan anti-narkoba, Satpol PP dan beberapa OPD di jajaran Pemkab Karangasem.

Kepala BNNK Karangasem AKBP Tri Kuncoro mengatakan, kegiatan donor darah ini rutin dilaksanakan oleh BNNK Karangasem yang disingkronkan dengan hari-hari besar nasional, seperti kali ini memperingati Hari Sumpah Pemuda. 

Sebelum melakukan donor darah, para peserta terlebih dahulu mengisi form dari pihak PMI sebelum masuk ke tahap selanjutnya yaitu untuk validasi data oleh petugas PMI. Selain itu, kesehatan dari para pendonor juga diperiksa, baik itu kadar HB, tekanan darah maupun cek kesehatan lainnya.

“Awalnya ada 49 orang pendonor yang terdaftar, namun setelah dilakukan cek kesehatan beberapa orang tidak lolos kriteria sehingga tidak bisa mendonorkan darahnya,” kata AKBP Tri Kuncoro.

AKBP Tri Kuncoro juga mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan donor darah tersebut adalah untuk mengajarkan nilai-nilai persatuan serta meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama, mengingat saat ini stok darah di Karangasem sedang menipis. 

“Karena sedikit darah yang bisa kita sumbangkan akan memberikan harapan besar dan membantu banyak orang yang membutuhkan,” kata AKBP Tri Kuncoro sembari menggelorakan semangat ‘War on Drugh’ untuk mewujudkan Karangasem Bersinar (Bersih Narkoba).

Sementara itu, Ketua Unit Transfusi Darah PMI Karangasem dr Anak Agung Harry Wijaya menyampaikan terima kasih kepada BNNK Karangasem yang secara rutin melaksanakan kegiatan donor darah. Apalagi pada masa pandemi Covid-19 kali ini stok darah di PMI sedang menipis, sementara permintaan terus meningkat.

Dalam kegiatan donor yang diselenggarakan oleh BNNK Karangasem tersebut berhasil mengumpulkan beberapa jenis golongan darah, yaitu untuk golongan darah A sebanyak 11 kantong, golongan darah B 8 kantong, golongan O 24 kantong dan golongan AB sebanyak 3 kantong.

“Jadi total darah yang berhasil dikumpulkan dalam kegiatan donor yang dilaksanakan oleh BNNK Karangasem berjumlah 46 kantong,” kata dr AA Harry Wijaya.

Selain kegiatan donor darah, BNNK Karangasem juga melaksanakan cek kesehatan warga untuk penyakit tidak menular seperti gula darah, kolesterol dan asam urat, bekerja sama dengan Puskesmas Karangasem I. (LE-Jun) 

Lenteraesai.id