DenpasarHeadlines

Bandara Ngurah Rai Terapkan QRIS untuk Pembayaran Bea Cukai Pertama di Indonesia

Denpasar, LenteraEsai.id – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali bersinergi dengan Kantor Wilayah Bea Cukai Balinusra dan Bank Mandiri menyelenggarakan acara launching ‘Digitalisasi Pembayaran Berbasis QRIS’ di kawasan Bea Cukai Ngurai Rai sebagai seremoni keberhasilan menjadikan Bea Cukai pertama di Indonesia yang menerapkan digitalisasi pembayaran berbasis QRIS.

Hadir pada acara yang digelar Selasa, 26 Oktober 2021 itu, antara lain anggota Komisi XI DPR RI, Wakil Gubernur Bali, Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Bali dan Nusa Tenggara, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Ngurah Rai, Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah IV, Regional CEO Bank Mandiri Bali dan Nusa Tenggara, dan perwakilan General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

Kegiatan seremoni yang dihadiri oleh para pegawai di kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai dilakukan dengan first experience QRIS untuk pembayaran pungutan negara di bidang kepabeanan atas barang bawaan penumpang yang baru datang dari luar daerah Pabean (luar negeri) yang nilai barangnya melebihi fasilitas pembebasan yang telah ditentukan.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan langsung ke lokasi pelayanan bea cukai yang menjadi titik penempatan QRIS. Terdapat dua titik penempatan QRIS yakni di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Ngurah Rai, dan di dalam Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Keberhasilan ini akan direplikasi di seluruh kantor-kantor Bea Cukai di bawah Kantor Wilayah Bea Cukai Bali dan Nusa Tenggara, dan harapannya dapat menginspirasi badan publik lainnya di Bali maupun luar daerah untuk menerapkan QRIS, yang tidak hanya sebagai prasyarat untuk transformasi digital, tetapi juga sebagai akselerator dan re-aktivator untuk mendukung pemulihan ekonomi Bali dan nasional. (LE-DP) 

Lenteraesai.id