AdvertorialHeadlinesJembrana

Buka Muscablub, Rentin: Bangun Pemuda Berkarakter melalui Gerakan Pramuka

Jembrana, LenteraEsai.id – Adanya kefakuman dalam kegiatan kepengurusan Kwartir Gerakan Pramuka Cabang Jembrana setelah Ketua Kwarcab Kembang Artawan mengundurkan diri, mendorong organisasi Gerakan Pramuka Jembrana menggelar Musyawarah Cabang Luar Biasa untuk memilih kepengurusan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jembrana yang baru.

Hal itu disampaikan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali, Made Rentin usai membuka Muscablub Kwarcab Jembrana pada Rabu (27/10), di Negara, Kabupaten Jembrana.

Ia berpesan agar ke depannya kepengurusan yang baru bisa membawa organisasi ini ke arah yang lebih baik. “Jadikan Pramuka sebagai wadah untuk membangun pemuda Jembrana menjadi pemuda yang memiliki karakter. Memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi, mampu mandiri, memilki jiwa pejuang yang pantang menyerah yang nantinya bisa dijadikan modal untuk kemajuan diri sendiri maupun partisipasinya dalam pembangunan daerah, bangsa dan negara,” ucapnya.

Selain itu, Rentin yang juga Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali itu berpesan, pengurus yang terpilih nantinya diharapkan bisa bersinergi dengan semua komponen yang ada di Jembrana, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat umum agar terjalin kerja sama yang baik, sehingga bisa memepercepat tercapainya tujuan bersama.

Senada dengan Ka Kwarda Bali, Bupati Jembrana dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna, menyampaikan bahwa Pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal akan melengkapi pendidikan formal yang diperoleh oleh anak-anak didik di sekolah.

Saat ini pendidikan formal tidak akan cukup untuk menghasilkan kaum muda yang handal dan berkarakter. Gerakan Pramuka akan sangat berperan dalam mengatasi permasalahan kaum muda yang sering terjadi saat ini, ujarnya.

Gerakan Pramuka merupakan lembaga yang mampu membangun kaum muda menjadi lebih baik. Salah satu pesannya adalah, agar Pramuka diminati kaum muda, maka Pramuka saat ini harus mampu mengikuti perkembangan jaman, khususnya di era globalisasi. Para pembina Pramuka juga harus mampu selalu meningkatkan kreativitas dalam memanfaatan teknologi, sehingga kaum muda bangga menjadi anggota Pramuka, kata Wabup.

Muscablub kali ini berhasil memilih Drs I Made Budiasa MSi yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Jembrana sebagai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jembrana masa bakti 2021-2026.  (LE-JB1)

Lenteraesai.id