judul gambar
HeadlinesKlungkung

Guide Ditemukan Meninggal Tanpa Baju di Pantai Kelingking Nusa Penida

Klungkung, LenteraEsai.id – Seorang pria ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di wilayah perairan Pantai Kelingking, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung pada Senin (25/10) siang pukul 13.35 Wita.

Korban yang diidentifikasi bernama Putu Suasta, ternyata merupakan seorang pemandu wisata atau guide. Sebelum menemukan korban, tim SAR gabungan telah melakukan upaya pencarian dan pertolongan sejak pukul 06.00 Wita.

Koordinator Unit Siaga SAR Basarnas di Nusa Penida, I Putu Cakra Negara menjelaskan, sesuai rencana Operasi Pencarian dan Pertolongan pada hari Senin (25/10/2021), Basarnas mengerahkan satu unit Rigid Inflatable Boat (RIB). “Sorti pertama, kami mengerahkan satu unit RIB bergerak dari Sampalan menuju lokasi kejadian, kemudian menyisir lokasi selama 3 jam, hasilnya masih nihil,” katanya.

Setelah pencarian pada sorti kedua berlangsung selama 30 menit, korban akhirnya ditemukan dalam posisi mengapung di arah barat lokasi kejadian di Pantai Kelingking. “Saat ditemukan korban sudah tidak mengenakan pakaian, jaraknya mencapai 0.20 Nm dari bibir pantai. Korban kemudian dievakuasi menuju Pelabuhan Banjar Nyuh dan selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit Pratama, Nusa Penida menggunakan ambulance,” ujarnya.

Di sisi lain, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar Gede Darmada SE MAP memberikan apresiasi kepada semua pihak yang sudah terlibat dalam kegiatan operasi pencarian dan pertolongan yang telah dilaksanakan di perairan Nusa Penida. Dirinya mengharapkan kerja sama yang telah terjalin selama ini dapat lebih ditingkatkan guna memberikan pelayanan SAR yang lebih baik kepada masyarakat.

Sebelumnya diberitakan, Putu Suasta yang merupakan seorang guide, pada Minggu (24/10) sore memandu wisatawan wanita bernama Nur Aisyah Putri Sari jalan-jalan dan berenang di pinggir Pantai Kelingking, Nusa Penida. Sedang asyik berenang, ombak besar datang menggulung Nur Aisyah ke tengah laut.

Melihat itu, Putu Suasta berusaha memberikan pertolongan, namun malah dia ikut mengilang dari permukaan air laut. Sekitar pukul 17.30 Wita, beberapa penduduk setempat yang melakukan upaya pencarian, menemukan Nur Aisyah telah mengambang menjadi mayat.

Nur Aisyah sore itu juga berhasil ditemukan dalam keadaan sudah tak lagi bernyawa, sementara Putu Suasta ditemukan tim SAR gabungan telah menjadi mayat pada Senin (25/10) siang, katanya.

Beberapa unsur SAR yang terlibat dalam kegiatan Operasi Pencarian dan Pertolongan itu, di antaranya Basarnas Unit Siaga Nusa Penida, Polsek Nusa Penida, BPBD Nusa Penida Kabupaten Klungkung, Koramil Nusa Penida dan masyarakat setempat.  (LE-KL)

Lenteraesai.id