judul gambar
HeadlinesKarangasem

Dinkes Targetkan 3.237 Ibu Hamil di Berbagai Pelosok Karangasem Tervaksinasi Covid-19

Amlapura, LenteraEsai.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karangasem mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil, bertempat di sejumlah Puskesmas dan rumah sakit (RS) yang ada di Kabupaten Karangasem.

“Kami menargetkan sebanyak 3.237 ibu hamil di berbagai pelosok Karangasem dapat tervaksinasi Covid-19,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem I Gusti Bagus Putra Pertama, saat dikonfirmasi di Amlapura, Selasa (7/9/2021).

Untuk para ibu hamil yang ingin mendapatkan vaksinasi, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan, seperti usia kehamilan harus di atas 13 minggu, suhu tubuh tidak boleh di atas 37,5, dan tekanan darah harus di bawah 140/90. Sedangkan syarat lainnya sama seperti vaksinasi Covid-19 pada umumnya.

“Dari 3.237 ibu hamil yang akan disasar untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19, saat ini baru terdata 507 orang yang sudah melaksanakan vaksinasi, atau baru sekitar 15,66 persen,” ujar Putra Pertama.

Kadiskes mengatakan, giat vaksinasi ibu hamil ini hanya dilaksanakan setiap hari Rabu saja, baik di rumah sakit maupun di beberapa Puskesmas yang ada di Kabupaten Karangasem dengan membawa KTP dan persyaratan lainnya.

Mengenai jenis vaksin yang digunakan untuk para ibu hamil, Kadiskes menyebutkan, selain Sinovac bisa juga menggunakan Moderna. “Kedua jenis vaksin itu saat ini sudah tersedia di Kabupaten Karangasem,” kata Putra Pertama menjelaskan.  (LE-Jun) 

Lenteraesai.id