HeadlinesKarangasem

Pedagang Kaget, Bupati Dana Tiba-tiba Muncul di Kawasan RSUD Karangasem

Amlapura, LenteraEsai id – Sejumlah pedagang mengaku kaget karena tak menyangka sosok yang tiba-tiba muncul di kawasan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karangasem pada Rabu (9/6) pagi adalah orang nomor satu di kabupaten yang berjuluk Gumi Lahar itu.

Beberapa pedagang baru ‘ngeh’ kalau yang datang itu adalah Bupati Karangasem Gede Dana, setelah mantan Ketua DPRD Karangasem ini serta merta membeli sate untuk sarapan.

“Eh..Pak Bupati,” ujar pedagang dengan ekspresi wajah yang menandakan kekagetan melihat kehadiran Gede Dana untuk serangkaian inspeksi mendadak ke RSUD Karangasem dan sekitarnya, termasuk ke lingkungan tempat para pedagang.

Kedatangan Bupati Dana tidak hanya mengejutkan bagi para pedagang di kawasan rumah sakit, namun hal serupa juga dialami sejumlah pegawai di RSUD Karangasem. Masalahnya, bupati datang tanpa didampingi pejabat dari kalangan OPD, atau tanpa dengan pengawalam yang ketat sebagaimana umumnya kunjungan para pejabat.

Bupati Dana pagi itu hanya tampak dibuntuti oleh Direktur Utama RSUD Karangasem dr I Wayan Suardana, selaku tuan rumah.

Bupati Dana mengatakan, kedatangannya ke RSUD Karangasem adalah untuk memastikan masyarakat mendapat pelayanan kesehatan dengan baik. “Saya ingin memastikan dan melihat secara langsung bagaimana pelayanan kepada masyarakat di RSUD milik kita ini,” katanya.

Selain itu, kehadiran Bupati Dana ke RSUD Karangasem juga untuk memastikan keberadaan para pedagang yang sebelumnya berada di pinggir jalan di depan RSUD Karangasem, kini telah benar-benar mendapatkan tempat yang layak dan nyaman di area tersendiri di kompleks rumah sakit daerah tersebut.

“Para pedagang yang sebelumnya berjualan di pinggir jalan, kini sudah ditempatkan di lingkungan rumah sakit, dan ini saya yang meminta secara langsung untuk dipindahkan ke sini,” kata Bupati Dana sambil menunjuk lokasi yang kini ditempati para pedagang. 

Pemindahan itu dilakukan supaya area depan RSUD Karangasem terbebas dari pedagang yang selama ini cukup memadati pinggiran jalan, sehingga cukup mengurangi keindahan Kota Amlapura.

“Saya ingin menata wajah Kota Amlapura menjadi lebih indah, karena di depan RSUD seharusnya tidak boleh ada yang berjualan, karena terkesan kumuh. Makanya, sekarang saya siapkan tempat untuk mereka di dalam lingkungan rumah sakit,” kata Bupati Dana kepada sejumlah wartawan.

Saat melaksanakan sidak, Bupati Dana juga ingin mendengar secara langsung keluhan dari para pasien, penunggu pasien maupun pedagang yang dipindahkan. Termasuk mengecek kantin yang berada di lingkungan kompleks RSUD Karangasem. 

“Saya masih belum puas dengan sidak kali ini. Untuk ke depannya, saya pasti akan melakukan sidak secara diam-diam lagi,” kata Bupati Dana di hadapan Dirut RSUD Karangasem, menandaskan.  (LE-Jun) 

Lenteraesai.id