judul gambar
AdvertorialGianyarHeadlines

Ratusan Seniman Duta PKB Gianyar Disuntik Vaksin

Gianyar, LenteraEsai.id – Masa pandemi Covid-19 hingga kini belum juga berakhir. Terkait dengan hal ini, untuk membentuk imun yang lebih baik, ratusan seniman Gianyar yang akan tampil dalam Pesta Kesenian Bali ke-43 tahun 2021 disuntik vaksin, Jumat (16/4) di Balai Budaya Gianyar.

Sekretaris Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar I Wayan Suwija selaku leading sector kegiatan vaksin seniman mengatakan disamping membentuk kekebalan tubuh, dengan diberikan vaksin akan memberikan dorongan secara psikologis sehingga nanti duta Kab Gianyar tampil dengan maksimal. “Kita menginginkan agar seniman yang tampil di Pesta Kesenian Bali betul-betul merasa nyaman mereka tidak berpikir apakah nanti saya mampu tampil dengan baik atau tidak,” ujar Suwija.

Setidaknya ada 600 seniman yang divaksin, dari berbagai kegiatan parade lomba dan pagelaran yang diikuti oleh Kabupaten Gianyar terkait dengan Pesta Kesenian Bali tahun 2021. Dengan harapan setelah diberikan vaksin para seniman bisa melaksanakan latihan dengan baik sesuai dengan jadwal yang sudah disiapkan atau sesuai agenda.

Selain seniman, Suwija mengatakan juga melakukan vaksin kepada Listibya dan Widyasabha. “Kami dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar juga memberikan vaksin kepada Listibya Kabupaten Gianyar yang terlibat dalam pembinaan seni , Widyasabha yang juga membantu pelaksanaan di bidang sastra termasuk MDA Kabupaten Gianyar. Semoga bisa berjalan lancar dan selesai hari ini,” tuturnya.

Ditambahkannya PKB akan dilaksanakan sesuai dengan hasil kesepakatan di Provinsi Bali dengan kabupaten/kota. Gubernur Bali juga sudah memberikan surat edaran kepada semua bupati walikota se-Bali bahwa PKB akan dilaksanakan dengan pelaksanaan yang berbeda.

“Gubernur Bali juga sudah memberikan surat edaran kepada semua bupati/wali kota se-Bali bahwa PKB akan dilaksanakan dan dibuka 12 Juni mendatang namun pelaksanaan PKB tahun ini agak berbeda dari tahun sebelumnya. Dimana tahun ini ada yang dilaksanakan secara virtual ada yang dilaksanakan secara live. Yang dilaksanakan secara live kita vaksin semua hari ini sehingga mereka nyaman secara fisiologis, tenang saat pentas dan sebagainya,” imbuh Suwija.

Suwija juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Gianyar Made Mahayastra atas komitmennya memberikan vaksin kepada semua duta Kab Gianyar dalam PKB ke 43. Begitu pula kepada para seniman yang menunjukkan antusias tinggi untuk menerima vaksin.

Mempercepat proses vaksinasi serta menghindari kerumunan, Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar membuka 3 pos pelayanan vaksin di Balai Budaya Gianyar. Dimana pelaksanaan vaksin dibantu dari Puskesmas Tegallalang 1 dan Puskesmas Gianyar 1.

Sementara itu, Ayu Minggu peserta Gong Kebyar Wanita yang akan mewakili Gianyar di PKB mengaku memiliki semangat berbeda karena sempat gagal tampil dalam PKB tahun Lalu. “Semangatnya pasti berbeda, lebih siap lebih bersemangat karena sempat gagal tampil tahun lalu,” ujarnya.

Gagalnya pentas tahun lalu tak membuat dirinya berputus asa, namun semakin mematangkan persiapan untuk memberikan penampilan terbaiknya. Ia juga berharap dengan diberikannya vaksin akan memberikan rasa percaya diri yang lebih baik ditengah pandemi, namun dirinya tetap menekankan pentingnya selalu menerapkan protokol kesehatan. (LE-GA1)

Lenteraesai.id