judul gambar
HeadlinesKarangasem

Senderan Sungai di Pantai Ujung Jebol, Sekda Karangasem Pastikan Segera Tertangani

Karangasem, LenteraEsai.id – Cuaca ekstrem berupa turunnya hujan lebat disertai angin kencang sejak beberapa pekan ini, telah menimbulkan beberapa jenis bencana mulai dari pohon tumbang, banjir, erosi hingga tanah longsor di sejumlah wilayah Kabupaten Karangasem, Bali. 

Kali ini, senderan sungai di Pantai Ujung jebol diterjang arus banjir dari bagian muara Tukad Mantri dan Tukad Lebah di Dusun Ujung Pesisi, Desa Tumbu, Kecamatan dan Kabupaten Karangasem.

Derasnya arus air dari muara sungai tersebut tidak hanya membuat senderan ambruk, namun juga telah menghayutkan sebuah perahu milik nelayan. Buntutnya, bencana alam itu pun viral di media sosial karena banyak direspons oleh warga netizen.

Merespon kejadian tersebut, Sekda Karangasem I Ketut Sedana Merta, Sabtu (13/2) siang langsung turun melakukan peninjauan ke lokasi sehubungan dampak yang ditimbulkan tergolong cukup parah.

“Selain menghanyutkan perahu nelayan, kikisan air banjir juga menjebol  senderan sungai sepanjang 20 meter, sehingga nelayan setempat menjadi was-was untuk menambatkan perahunya lagi di alur muara tukad tersebut,” kata Sekda Sedana Merta di sela-sela peninjauan.

Melihat kondisi tersebut, Sekda Sedana Merta langsung mengambil langkah cepat dengan memanggil Kabid Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemkab Karangasem, I Made Wiguna, untuk secara bersama-sama melakukan peninjauan datang ke lokasi kejadian.

Setelah secara bersama-sama dengan Sekda Karangasem datang melihat ke lokasi kejadian, akhirnya disepakati bahwa senderan yang jebol tersebut akan ditangani dengan menggunakan kawat bronjong. 

“Kami sudah menyampaikannya kepada pihak Balai Wilayah Sungai Bali-Penida untuk mengirimkan bronjong ke sini, sehingga kerusakan bisa secepatnya tertangani agar tidak menjadi semakin parah,” kata Sekda Sedana Merta sembari menunjuk bagian senderan sungai yang jebol.

Atas respons cepat dari pemerintah daerah tersebut, sejumlah warga khususnya dari kelompok nelayan setempat, menyampaikan terima kasih dengan harapan secepatnya bisa kembali menambatkan perahu dengan aman di kawasan tersebut.

“Kami sangat berharap proses perbaikan cepat dapat diselesaikan, sehingga kembali bisa menambatkan jukung di daerah muara tukad dengan aman,” ujar Wayan Sudi, nelayan di Pantai Ujung.

Senada dengan Wayan Sudi, beberapa nelayan yang lain juga menyatakan sangat mengapresiasi langkah pemerintah daerah yang turun langsung dan merespon cepat bencana yang terjadi di kawasan muara tukad di Pantai Ujung.  (LE-Jun) 

Lenteraesai.id