BulelengHeadlines

Gondol Uang Rp 14 Juta, Residivis Diringkus Polisi Badung

Badung, LenteraEsai.id – Khoiri (35), seorang residivis yang kembali melakukan pencurian dengan menggodol uang tunia Rp14 juta dan beberapa barang berharga lainnya, ditangkap Tim Opsnal Polsek Petang, Kabupaten Badung dalam suatu penyergapan.

Pelaku yang sebelumnya sempat melakukan aksi yang sama, disergap dan ditangkap di rumahnya Banjar Dinas Kubu Lebah, Desa Pegayaman, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng pada Rabu (13/1) lalu pukul 01.30 Wita.

Penangkapan terhadap residivis tersebut dilakukan petugas setelah menerima laporan dari korban I Gusti Ngurah Bagus Suadnyana (28) yang mengaku telah kehilangan sejumlah uang dan barang-barang di rumahnya Banjar Tengah, Desa Getasan, Kecamatan Petang pada 28 Desember 2020.

Kapolres Badung AKBP Roby Septiadi saat gelar rilis perkara di Mapolsek Petang, Selasa (19/1) mengungkapkan, korban IGN Bagus Suadnyana melaporkan telsah bkehilangan uang Rp14 juta dan dua unit HP.  Uang dan HP itu dengan mudah dicuri Khoiri yang memanfaatkan kelengahan korban lupa menutup pintu kamarnya.

“Peristiwanya tersebut terjadi di rumah korban di Banjar Tengah, Desa Getasan pada hari Senin (28/12) sekitar pukul 04.30 Wita. Sebelum beraksi, pelaku ini terlebih dahulu melakukan survei lokasi,” ungkap AKBP Roby didampingi Kapolsek Petang AKP I Dewa Made Suryatmaja.

Barang-barang itu diketahui hilang oleh IGN Bagus Suadnyana pada Senin (28/12) pukul 07.30 Wita. Kemalingan itu diketahui pertama kali oleh ibunya, I Gusti Ayu Sriasih (57). Awalnya diketahui kehilangan 5 tas di dalam kamar ibunya. Di dalam tas itu berisi uang sebanyak Rp 14 juta.

Setelah dilakukan pengecekan secara detail terhadap barang-barang di dalam rumah, ternyata ada perhiasan juga yang hilang. Selain itu dua unit HP masing-masing merek Oppo dan Nokia. Kejadian itupun langsung dilaporkan ke Mapolsek Petang.

Menerima laporan korban dengan nomor DUMAS/25/XII/2020/SEK. PETANG, tanggal 28 Desember 2020, Tim Opsnal Polsek Petang langsung melakukan penyelidikan. Tim yang dipimpin Kanit Reskrim Iptu I Gusti Ngurah Subandi, mendapat informasi pelakunya mengarah kepada tersangka Khoiri.

“Selanjutnya, Rabu (13/1), petugas berhasil menangkap tersangka Khoiri di rumahnya Banjar Dinas Kubu Lebah, Desa Pegayaman, Kecamatan Sukasada, Buleleng. Dari tangan tersangka diamankan barang bukti 1 unit HP Vivo, 1 unit sepeda motor Honda Vario DK-4577-UJ, celana, baju, dan jaket yang digunakan pelaku saat beraksi,” ujar AKBP Roby.

Selanjutnya tersangka bersama barang bukti dikeler ke Mapolsek Petang untuk dilakukan pemeriksaan. Ternyata tersangka merupakan seorang residivis. Kepada petugas Khoiri mengaku, saat beraksi di rumah IGN Bagus Suadnyana dilakukan bersama teman sekampungnya, Zakaria (37).

“Zakaria itu masih dalam pengejaran. Sementara tersangka Khoiri dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,” ucap AKBP Roby sembari mengatakan, para pelaku pencurian dengan pemberatan yang berhasil ditangkap di wilayah hukum Polres Badung rata-rata pemain lama.

Kapolres berharap pekarangan rumah penduduk dibuatkan pagar dan dikunci. Tujuannya agar bisa menghambat pergerakan pelaku kejahatan. Bahkan kalau memungkinkan, lengkapi rumah dengan kamera CCTV.

“Kami juga berharap aparat desa adat maupun desa dinas dapat melakukan pemantauan terhadap orang-orang yang dicurigai. Bukan untuk mendiskriminasi ataupun melawan hukum, melainkan untuk meningkatkan kewaspadaan,” ujar AKBP Roby, menandaskan.  (LE-BD)

Lenteraesai.id