judul gambar
BangliHeadlines

Tentara Diterjunkan ke Daerah Padat Arus Untuk Tertibkan Masker

Kintamani, LenteraEsai.id – Sejumlah anggota TNI diterjunkan untuk bergabung dengan instansi terkait melakukan penertiban pelaksanaan protokol kesehatan, terutama di sejumlah tempat ramai arus lalulintas di daerah Kintamani, Kabupaten Bali.

Seperti di depan Pura Ulundanu Batur Kintamani, misalnya, pada Selasa (8/9) siang tampak Babinsa Desa Batur Selatan Sertu Wayan Darmawan bersinergi dengan instansi terkait melaksanakan pendisiplinan warga uuntuk melaksanakan protokol kesehatan.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Virus Rorona di era adaptasi kebiasaan baru atau AKB. Para petugas mengajak dan mengedukasi sekaligus mengawasi masyarakat terkait ketaatan dalam menerapkan protokol kesehatan, di antaranya taat menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Pgs Danramil 1626-04/Kintamani Kapten Chb I Komang Gita mengatakan, penerapan pola hidup sehat dan mentaati protokol kesehatan merupakan hal yang sangat penting agar masyarakat terhindar dari pandemi Covid-19.

Menurutnya, Koramil Kintamani sebagai satuan di jajaran Kodim 1626/Bangli, terus gencar melaksanakan pendisiplinan masyarakat dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih intensif, masif serta bertanggung jawab.

“Terlebih pascadikeluarkannya Peraturan Gubernur Nomor 46 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan, maka hal ini harus menjadi perhatian bagi kita semua dalam rangka menekan meluasnya penularan Covid-19,” ungkapnya.

Realisasi di lapangan yaitu seperti yang dilakukan oleh Babinsa Desa Batur Selatan yang bersinergi dengan instansi terkait melaksanakan pendisiplinan warga di Depan Pura Ulundanu Batur Kintamani, yang tergolong ramai dengan arus lalulintas orang dan kendaraan.

Sementara itu, Dandim 1626/Bangli Letkol Inf I Gde Putu Suwardana SIP yang dihubungi terpisah, membenarkan bahwa seluruh jajarannya belakangan ini rutin melaksanakan gerakan pendisiplian masyarakat terkait implementasi protokol kesehatan.

Kegiatan dipusatkan di beberapa titik seperti pasar, sarana umum dan tempat lain yang  masyarakatnya ramai melakukan berbagai beraktivitas.

“Di samping memberikan edukasi, para Babinsa di lapangan juga mensosialisasikan kepada masyarakat agar melaksanakan 3M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” ujar Dandim menjelaskan  (LE-BL)

Lenteraesai.id