judul gambar
HeadlinesNasionalNews

Viral, Situs Hindu Ditemukan di Areal Makam Keramat Sarolangun

Sarolangun, LenteraEsai.id – Sebuah situs purba yang mirip bangunan pura di areal makam keramat di Desa Demang, Kecamatan Limun, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi, baru-baru ini ditemukan dan sempat viral di media sosial.

“Memang benar terdapat bangunan seperti pura di Desa Demang, dan kami baru mengetahui keberadaannya setelah viral di media sosial. Selama ini, tempat tersebut disebut-sebut sebagai areal makam keramat,” kata Sekretaris Desa Demang Fahrul, ketika dihubungi wartawan belum lama ini.

Fahrul menyebutkan, status lahan di kawasan makam keramat itu tidak ada yang memiliki dan radius 30 meter dari temuan bangunan pura, masih berupa hutan. Kini bagunan pura itu disebut-sebut sebagai Pelinggih Padmasari.

Untuk menuju Pelinggih Padmasari, terlebih dahulu harus melalui jalan setapak dan menyeberangi Sungai Demang yang airnya mengalir cukup deras.

Setelah sampai di lokasi, terlihat berdiri sebuah Pelinggih Padmasari dan di sekitarnya terdapat beberapa batu nisan sebagai tanda lokasi pemakaman.

Pelinggih Padmasari terletak di bahu atau sempadan sungai di pinggir kompleks makam di Desa Demang yang masih diselimuti rimbunan hutan, ucapnya menjelaskan.

Sejauh ini keberadaan pelinggih tersebut belum dapat dipastikan tentang siapa yang mendirikan atau sejak kapan berada di tempatnya, karena masih harus dilakukan penelitian oleh instansi yang berwenang.  (LE-JB)

Lenteraesai.id