judul gambar
HeadlinesKarangasem

Pandemi Covid-19, DPC PDI Perjuangan Karangasem Bagi Masker di Pasar Desa Bebandem

Amlapura, LenteraEsai.id – Pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Karangasem mengadakan kegiatan kemanusiaan pembagian ribuan masker yang berlangsung di Pasar Desa Bebandem, Kecamatan Bebandem, pada Minggu, 19 April 2020 sekitar pukul 08.30 Wita.

Kegiatan kemanusiaan ini dilakukan sembari memberikan edukasi dan pengarahan kepada para sopir, buruh, pembeli dan para pedagang di Pasar Bebandem mengenai pola hidup sehat agar terhindar dari wabah Virus Corona (Covid-19).

Para pengunjung Pasar Bebandem terlihat sangat antusias dan merespon baik kegiatan kemanusiaan ini. Bahkan, secara terbuka para pedagang menyatakan sangat berterima kasih telah mendapatkan masker gratis. Sejumlah sopir dan pedagang malah berharap kegiatan pembagian masker dilakukan lagi di lain waktu, mengingat pentingnya masker supaya warga terhindar dari Covid-19.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten karangasem I Gede Dana ketika dimintai keterangan terkait pembagian masker gratis di Pasar Bebandem mengatakan, pihaknya melakukan kegiatan ini, mengingat langkanya masker di pasaran. Kalaupun dapat dijumpai, masker biasanya dijual dengan harga yang lumayan.

“Saya dan jajaran pengurus DPC PDI Perjuangan Karangasem turun ke masyarakat karena punya tanggung jawab sosial, untuk memberikan edukasi ke masyarakat terkait Corona. Kita turun bersama-sama, melakukan apa yang bisa kita perbuat dan lakukan untuk masyarakat, memberikan pengarahan agar selalu menjaga kesehatan dan kebersihan, rajin mencuci tangan, dan kalau bisa berjemur di sinar matahari pagi karena efektif membunuh Virus Corona,” ujar Gede Dana.

Disinggung memilih Pasar Bebandem sebagai lokasi kegiatan kemanusiaan, Gede Dana menjelaskan bahwa pasar ini merupakan tempat transaksi jual beli yang sangat ramai. Bahkan dari kecamatan lain juga mengadakan transaksi jual beli di Pasar Bebandem ini, sehingga ada pembauran masyarakat yang cukup besar, makanya perlu diberikan edukasi tentang social distancing dan physical distancing. Selain itu, di Kecamatan Bebandem telah didapati ada yang positif terpapar Corona, sehingga warga semestinya mendapat imbauan agar dapat terhindar dari virus tersebut, kata politisi asal Datah ini.

Mengenai pasien yang positif terpapar Corona, Gede Dana berharap agar pasien dan keluarga korban jangan dikucilkan karena mereka adalah korban. “Kalau bisa kasih mereka support dan semangat supaya mereka bisa segera sembuh,” imbaunya.

Sementara itu, salah satu kordinator kegiatan kemanusiaan Sri Winarti mengatakan, masker ini merupakan sumbangan para pengurus DPC PDI Perjuangan Karangasem dan para relawan yang dengan sukarela membelikan dan membuatkan ribuan masker agar bisa membantu masyarakat.

“Kami berusaha bergerak memesankan masker dan membagikannya secara langsung. Dibagikan secara gratis, ada sekitar 2 ribuan masker dan langsung habis dalam sekejap. Kami juga membagikan masker gratis kepada semua pecalang dan Satgas Covid-19 yang bertugas di Desa Bebandem,” ujar wanita yang akrab dipanggil Wiwin, usai kegiatan bagi-bagi masker ke masyarakat.  (LE-KR)

Comment

Comment here

Lenteraesai.id