judul gambar
HeadlinesKarangasemNews

Hujan Deras, Senderan Dekat Rumah Tergerus 25 Meter

Amlapura, LenteraEsai.id – Hujan deras yang melanda sejumlah wilayah di Bali sejak beberapa hari terakhir, menyebabkan terjadinya musibah tanah longsor di Banjar Dinas Bale Punduk Kaler, Desa Tegalinggah, Kecamatan/Kabupaten Karangasem, Sabtu, 29 Februari 2020 sekitar pukul 15.30 Wita.

Kalaksa BPBD Kabupaten Karangasem Ida Ketut Arimbawa mengatakan, bencana tanah longsor telah mengkibatkan kerusakan bangunan rumah milik I Nengah Sumantra (42) di Banjar Dinas Bale Punduk Kaler, Desa Tegalinggah.

” Longsor terjadi karena hujan deras hingga kemudian menggerus senderan sepanjang 25 meter dan tinggi kurang lebih 4 meter yang berada di samping rumah korban,” ujar Arimbawa.

Material senderan yang terdiri atas tanah merah berlumpur campur bebatuan, kemudian menyeruduk bagian rumah milik Sumantra hingga mengalami kerusakan.

Dia melanjutkan, bangunan milik Sumantra yang mengalami kerusakan antara bagian dapur, kamar mandi dan garasi yang amblas. Material longsoran juga menimpa sepeda motor dan mesin cuci hingga rusak ringan.

Untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan, Kepala Pelaksana BPBD Karangasem ini mengimbau kepada pemilik rumah, untuk sementara bergeser ke rumah kerabat atau bangunan yang masih aman, serta memasang pagar bambu untuk keselamatan anak-anak.

“Mengenai senderan yang tergerus, letaknya tepat di atas aliran air parit dan areal persawahan,” kata Arimbawa sembari menambahkan, kejadian ini akan dikoordinasikan dengan pihak Sumber Daya Air Dinas PUPR untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut (LE-KR)

Comment

Comment here

Lenteraesai.id