judul gambar
AdvertorialGianyarHeadlines

DPRD Gianyar Dorong Remaja Bidik Profesi Wirausahawan Kreatif

Gianyar, LenteraEsai.id – Saat ini banyak kalangan remaja yang baru lulus sekolah memilih bekerja sebagai karyawan di hotel atau perkantoran. Hal tersebut tentu saja akan membatasi kreativitas para remaja. Karenanya, upaya untuk mendorong mereka menjadi wirausahawan handal, merupakan langkah yang tepat.

Wirausahawan adalah seorang yang memiliki jiwa dan kemampuan tertentu dalam berkreasi dan berinovasi. Ia adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different), atau orang yang memiliki kemampuan kreatif dan inovatif.

Kemampuan kreatif dan inovatif tersebut secara riil tercermin dalam kemampuan dan kemauan untuk memulai usaha (start up), kemampuan untuk mengerjakan sesuatu yang baru (creative), kemampuan untuk mencari peluang (opportunity), keberanian untuk menanggung risiko (risk bearing) dan kemampuan untuk mengembangkan ide.

Hal tersebut disampaikan Anggota DPRD Gianyar dari Fraksi PDIP, Ni Luh Suciningsih, ketika dihubungi di ruang kerjanya Kantor DPRD Gianyar, Senin (24/2) siang.

Politikus dari Siangan, Gianyar itu sangat mengharapkan adanya kaum muda yang atas dasar kemauan kuat dapat terjun ke dunia wirausaha. “Begitu lulus sekolah, kami harapkan mereka mau terjun menjadi wirausahawan yang kreatif dan inovatif,” ucapnya..

Berkaitan dengan itu, Ni Luh Suciningsih mengingatkan kaum milenial mampu mengasah dan mengembangkan skil atau keterampilan yang dimiliki, sebagai modal untuk terjun ke dunia wisausaha di masa mendatang.

“Pelatihan-pelatihan tentu saja diharapkan, bukan hanya dilatih sebagai pekerja saja. Akan tetapi para remaja itu dapat diarahkan untuk mengasah skil yang dimiliki, sehingga nantinya dapat digunakan untuk mengembangkan usahanya sendiri. Ini saya pikir jauh lebih baik,” katanya, menandaskan.

Ni Luh Suciningsih menyebutkan, peranan pemerintah dalam hal ini tentu saja sangat besar, “Pemerintah memiliki andil besar dalam membentuk para usahawan-usahawan muda, yang antara lain adalah para remaja yang baru lulus sekolah,” ucapnya, bersemangat.

Dia melanjutkan, kreativitas dan inovasi generasi muda adalah kunci untuk memulai terjun di bidang wirausaha. Karena dengan modal itu, wirausahawan akan tetap bertahan dalam berbagai perubahan iklim bisnis dan industri yang terjadi, katannya. (LE-GN5)

Comment

Comment here

Lenteraesai.id