judul gambar
BulelengHeadlines

Mang Dauh Kembali Lakukan ‘Road Show’ Kemanusiaan di Wilayah Buleleng

Seririt, LenteraEsai.id – Seakan tak pernah merasa lelah, Nyoman Arya Astawa alias Mang Dauh, pada Senin (8/4/2024) kembali melaksanakan kegiatan bakti sosial atau ‘road show’ kemanusiaan dengan menyerahkan sejumlah bantuan kepada warga di Dusun Rajetama dan di Desa Banjarasem, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng.

Kegiatan yang sama juga sudah sering dilaksanakan hampir di semua wilayah Kabupaten Buleleng sebagai rasa empatinya kepada anak yatim piatu, masyarakat kurang mampu, warga yang terimpa bencana alam serta pegawai kebersihan di sepanjang garis Pantai Lovina Singaraja.

“Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Pemurah, saya hanyalah manusia biasa yang merealisasikan titipanNya kepada krama yang membutuhkan,” ucap Mang Dauh di sela-sela kegiatan di Desa Banjarasem, Kecamatan Seririt.

Dia mengaku sangat sadar dan selalu teringat tentang masa lalunya yang setiap hari ditemani kemiskinan. Bersekolah pun tanpa bekal dan sepulang sekolah selalu menjajakan dagangan di Pantai Lovina kepada tamu-tamu mancanegara. Asam garam kehidupan sebagai wong cilik begitu melekat dalam benak Nyoman Arya Astawa.

“Astungkara, bapak dapat melewati itu semua dengan lapang dada serta bertekad membantu sesama jika ada rezeki lebih,” kata istrinya Ni Komang Karniati. Lebih lanjut disampaikan bahwa dirinya dan mantan pacarnya itu merasa lega lahir batin jika dapat membantu warga yang hidupnya berkesusahan.

“Kita hanyalah sebutir debu di hadapan Ida Sang Hyang Paraning Dumadi. Izinkan tiyang berkreasi meringankan beban masyarakat kecil yang membutuhkan. Semoga sentuhan kasih Tuhan menyertai setiap rasa ikhlas ini, dan semua warga masyarakat senantiasa selalu bersyukur atas kesehatan yang diberikan untuk menikmati kehidupan ini,” kata Mang Dauh di hadapan warga penerima bantuan.

M Abdul Soleh, salah seorang pengasuh pondok pesantren menyampaikan, Alhamdullilah ada makhluk Tuhan yang memiliki rasa tulus ihklas meringankan beban anak yatim piatu di Pesantren Kaliasem. “Semoga Pak Nyoman Arya Astawa sekeluarga selalu diberikan kesehatan lahir-bathin, kami hanya mampu bersyukur dan berterima kasih,” ucapnya.

Putu Alan, tokoh pemuda yang mewakili 200 warga yang hadir paga giat ‘road show’ di Desa Banjarasem, Kecamatan Seririt, menyampaikan terima kasih atas uluran bantuan yang disampaikan Mang Dauh. “Suksema dahat kepada Bapak Nyoman Arya Astawa sekeluarga, semoga senantiasa dalam lindungan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dan kami siap mengawal kepeduliannya kepada warga Buleleng pada umumnya,” ujarnya di sela-sela acara.

Pewarta: Anom Wijaya
Redaktur: Laurensius Molan

Lenteraesai.id