DenpasarHeadlines

Sekda Denpasar Buka Pagelaran Budaya Renon Festival

Denpasar, LenteraEsai.id – Pagelaran budaya Renon Festival dibuka Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana mewakili Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara yang ditandai dengan pemukulan gong dan pelepasan balon ke udara pada Sabtu (18/11/2023) sore, di persimpangan Jalan Tukad Bilok dan Jalan Balian, Renon, Kota Denpasar.

Perhelatan Renon Festival 2023 sebagai upaya untuk memberikan pengetahuan dan memperkenalkan sejarah, budaya serta kesenian yang ada di Desa Adat Renon, Kota Denpasar.  Selain itu juga untuk memberikan wadah dan membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di Denpasar khusunya. Rangkaian Renon Festival telah dimulai dari bulan September sampai dengan puncak event di bulan Desember 2023 mendatang.

Jro Bandesa Adat Renon I Wayan Suarta didampingi Ketua Panitia Renon Festival I Wayan Sukarsa mengatakan, Renon Festival yang pertama ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Adat Renon yang jatuh pada tanggal 27 Desember 2023.

Renon sebagai salah satu desa yang memiliki sejarah panjang, berangkat dari Prasasti Blanjong, Shri Kesari Warmadewa. Berdasarkan sejarah itu, penduduk Renon tadinya bertempat tinggal di Sanur Kauh daerah Blanjong. Karena terjadi peperangan, lalu mengungsi ke tanah Renon yang kurang lebih telah berlangsung sejak 5 abad yang lalu.

“Festival ini sekaligus sebagai sebuah perayaan bahwa lima abad kami sudah tinggal menetap di Renon,” katanya, menjelaskan.

Lebih lanjut disampaikan, pada malam budaya akan digelar Lomba Baleganjur tingkat umum, serta dimeriahkan dengan lomba sepeda hias anak-anak se-Bali. Sedangkan pada puncak acara pada 23-25 Desember 2023 mendatang akan dipusatkan di Lapangan Renon. Ajang ini juga melibatkan desa di luar Desa Adat Renon yang diharapkan nantinya ada perputaran ekonomi.

“Dari Desa Adat Renon yang terdiri dari 4 banjar yakni Banjar Peken, Banjar Tengah, Banjar Kelod dan Banjar Pande ingin membawa pesan untuk kita bersatu, serta berharap ajang budaya ini bisa terus berlanjut oleh generasi muda,” ujarnya.

Sementara Sekda Kota Denpasar Alit Wiradana mewakili Wali Kota Denpasar memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan parade budaya Renon Festival yang untuk pertama kalinya ini. Pihaknya mengaku bangga dan kagum atas komitmen desa dalam menumbuhkan dan menjaga seni budaya yang dimiliki serta memberikan wadah serta ruang kreativitas bagi pelaku kreatif dan UMKM untuk terus bertumbuh.

Kegiatan ini secara langsung mendukung visi Denpasar sebagai Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju. Hal ini khususnya misi kelima yakni menguatkan jati diri dan pemberdayaan masyarakat berdasarkan kebudayaan Bali.

“Tentu kami dari Pemerintah Kota Denpasar memberikan apresiasi sekaligus dukungan atas pelaksanaan parade budaya Renon Festival pertama tahun 2023 ini. Semoga kegiatan semacam ini terus tumbuh sebagai upaya mewadahi kreativitas untuk mendukung pelestarian seni budaya, termasuk juga mendukung pergerakan perekonomian lokal pelaku UMKM,” ujarnya, menyampaikan.

Peliput: Vika Jantika
Redaktur: Laurensius Molan

Lenteraesai.id