judul gambar
BadungPendidikan

Tingkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, CLC FH Unud Adakan Lomba Esai

Jimbaran, LenteraEsai.id – Criminal Law Community (CLC) Periode 2023/2024 mengadakan kegiatan Final Round dan Awarding Lomba Esai tingkat SMA/SMK se-Kodya Denpasar dengan mengusung tema ‘Menyoal Peran Generasi Muda dalam Revitalisasi Dinamika Hukum Nasional Berlandaskan Nilai-nilai Pancasila’, bertempat di Ruang Bangsa Gedung Rektorat Unud, Bukit Jimbaran, Sabtu (21/10/2023).

Lomba esai CLC ini meliputi beberapa rangkaian kegiatan, dimulai dari pendaftaran, babak penyisihan, technical meeting finalis, hingga babak final yang menghadirkan lima tim terbaik dari 24 tim yang telah mendaftar sebelumnya.

Pada babak final, presentasi para finalis dinilai oleh 3 orang dewan juri yang adalah dosen FH Unud, yakni AA Ngurah Oka Yudistira Darmadi, AA Istri Eka Krisna Yanti, dan I Gusti Ngurah Nyoman Krisnadi Yudiantara.

Dari 24 tim SMA/SMK se-Kodya Denpasar, baik itu sekolah negeri maupun swasta yang mendaftar, terpilih 5 tim yang dinyatakan lolos dalam babak final yaitu SMAN 1 Denpasar sebanyak 2 tim, serta SMAN 3 Denpasar, SMAN 4 Denpasar, dan SMAN 8 Denpasar masing-masing 1 tim.

Tujuan diadakannya Lomba Esai CLC yaitu sebagai wadah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis para peserta dalam menganalisis dan mengkaji isu yang relevan dengan tema yang diangkat serta untuk memfasilitasi para peserta lomba dalam mengembangkan minat dan bakat menulis.

Berdasarkan hasil penilaian para dewan juri, maka Juara 1 diraih oleh Tim Retris dari SMAN 3 Denpasar, Juara 2 diraih oleh Tim Smapan Jaya dari SMAN 8 Denpasar, Juara 3 diraih oleh Tim Smansa Denpasar dari SMAN 1 Denpasar. Untuk Harapan 1 diraih oleh Tim Acikiwir dari SMAN 4 Denpasar, dan Harapan 2 diraih oleh Tim Smansa dari SMAN 1 Denpasar.

Peliput: Vika Jantika
Redaktur: Laurensius Molan

Lenteraesai.id