HeadlinesInternasionalSport

Pelari Saptoyogo Persembahkan Emas Pertama Indonesia di Asian Para Games 2022 Hangzhou

Hangzhou, LenteraEsai.id – Medali emas yang ditunggu-tunggu kontingen Indonesia di Asian Para Games 2022 Hangzhou akhirnya tercapai juga. Kepingan emas itu berhasil disumbangkan oleh Saptoyogo Purnomo yang finis tercepat dalam lari 400 m kategori T37 putra.

Berlomba di Huanglong Sports Center Stadium, Senin (23/10), Saptoyogo menyentuh garis finis terdepan dengan catatan waktu 54,80 detik. Medali perak direbut Apisit Taprom dari Thailand dengan waktu 56,63 serta perunggu diraih oleh pelari Arab Saudi, Thamer Ahmed Alzahrani dengan waktu 57.55 detik.

Keberhasilan Saptoyogo merebut medali emas lari 400 meter T37 merupakan sebuah kejutan. Pasalnya atlet yang biasa disapa Yogo itu selama ini diandalkan untuk meraih emas di nomor spesialisnya 100 m dan 200 m T37 putra. Namun, berkat perjuangan gigih demi medali emas bagi Indonesia, Yogo justru tampil luar biasa di nomor 400 m.

“Keberhasilan Yogo merebut medali emas lari 400 meter merupakan pembuka jalan bagi medali emas Indonesia setelah sebelumnya Suparni yang kita harapkan merebut emas tolak peluru hanya mampu meraih perak. Inilah medali emas yang kita nanti-nantikan,” kata Rima Ferdianto, Wakil Sekretaris Jenderal NPC Indonesia.

“Awalnya kami menargetkan Yogo untuk merebut medali emas di nomor andalannya lari 100 dan 200 meter. Namun saat lomba tadi, Yogo justru tampil pantang menyerah sehingga ia mampu menjaga konsistensi kecepatan lairinya baik di trek lurus maupun saat di tikungan,” jelas Rima.

Selanjutnya Yogo akan mempersiapkan diri untuk berlomba di nomor 100 dan 200 meter putra yang akan dilombakan pada Selasa, (24/10).

 

Peliput: Vika Jantika
Redaktur: Laurensius Molan

Lenteraesai.id